ADVERTORIAL

Ternate Bergerak Menuju Kota Modern

Iklan
TERNATE – Acungan jempol layak diberikan ke Pemkot Ternate. Di tengah terbatasnya anggaran serta minimnya lahan, namun pemerintahan di bawah komando H. Burhan Abdurrahman dan H. Abdullah Tahir, terus berupaya mewujudkan ide-ide brilian, guna menjadikan Ternate sebagai Kota Modern.
Buktinya, setelah sukses membangun Land Mark sebagai ikon baru Ternate, Pemkot melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ternate, akan membangun lagi lima ikon pusat keramaian yang berlokasi di pusat kota maupun di pinggiran. Pembangunannya pun sudah dimulai tahun ini dengan menggunakan dana APBD.
Pembangunan kawasan keramaian tersebut merupakan bagian dari pengembangan kawasan kota biasa menjadi pusat bisnis, pendidikan, ekologi, budaya, wisata, olahraga, dan lainnya sebagai implementasi dari pelaksanaan visi “BAHARI BERKESAN”. Dengan demikian, diharapkan ke depan konsentrasi aktivitas warga tidak lagi berpusat di satu titik, melainkan tersebar di berbagai tempat.
Adapun lima ikon kota Ternate yang akan dibangun, yakni :

1. Sports Hall Ternate
Tribun Olahraga tertutup yang berlokasi di lapangan Ubo-Ubo, dengan menggunakan sistem lapangan Knockdown sehingga faktor luasan tidak terlalu berpengaruh.


2. Kawasan Reklamasi Kalumata
Dengan areal mencapai 4 hektar dipersiapkan sebagai kawasan ekonomi baru di kawasan Ternate Selatan. Ini merupakan persiapan kawasan bisnis dan perdagangan wilayah Selatan Kota.


3. Apotik dan Laboratorium Bahari Berkesan

Lokasi apotik berada di depan Taman Nukila samping Ruko Bahari Berkesan, merupakan penataan pedestrian sepanjang kawasan ruko Bahari Berkesan Utara – Selatan.

 

4. Pembangunan kawasan Pasar Gamalama Baru
Pembangunan kawasan pasar Gamalama baru 2 dengan pagu anggaran Rp 13 miliar ini, tidak hanya dibangun fisik bangunan, melainkan juga dibangun penataan kawasan lainnya dengan mempertimbangkan berbagai aspek.

5. Ternate Plaza-Pasar Gamalama Modern
Pasar Gamalama Modern, atau Ternate Plaza atau Gamalama Plaza bakal menjadi pusat perbelanjaan termegah di Ternate. Di lokasi yang terletak di kawasan eks pasar Gamalama ini, rencananya akan menghadirkan Matahari Department Store.
Menurut Kepala Dinas PUPR Ternate, Risval Tri Budianto, proyek pembangunan Plaza Gamalama yang berada di Kelurahan Gamalama, Ternate Tengah, mulai dilakukan pengerjaan. Dengan anggaran sebesar Rp 20 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang perdagangan, Kementrian Perdagangan 2017, akan dibangun konstruksi tiga lantai termasuk basement.
“Surat dari Dinas Asset telah dikeluarkan, maka sudah dilakukan pembongkaran untuk selanjutnya dilakukan pemancangan tiang. Untuk tahun ini kita lebih fokus pada strukturnya hingga akhir tahun nanti,” jelasnya.
Risval mengatakan, untuk menyelesaikan bangunan dengan panjang 140 meter dan lebar 40 meter itu, dibutuhkan anggaran sekitar Rp. 70 miliar. Untuk itu, tahun ini merupakan pekerjaan tahap awal, dan kedepannya akan dialokasikan dengan sistim multiyears, menyesuaikan dengan kemampuan daerah.
“Pemerintah Kota Ternate sudah mempresentasikan pembangunan Ternate Plaza ini ke pihak Matahari. Dan mereka menyatakan siap masuk Ternate. Sebagai kota jasa dan perdagangan, masuknya Matahari tentu akan ikut menggerakkan ekonomi daerah, sebab pihak Matahari juga punya visi yang bagus dalam ikut menggerakkan usaha kecil dan menengah. Sehingga diharapkan, multiplier effect akan tercipta dengan hadirnya Ternate Plaza,” jelasnya. (eko)
Iklan
Show More

Deteksi News

DETEKSI NEWS - Menggelorakan Optimisme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close