DERMAGA

Pastikan Keamanan Penumpang, KSOP Ternate Sidak Transportasi Laut

DETEKSI.com – Jajaran Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate, Jumat (22/12) pagi, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pelabuhan Dufa-dufa. Sidak dilakukan untuk memeriksa kelengkapan keselamatan pelayaran yang dimiliki transportasi laut. Hasilnya, tim KSOP menemukan puluhan Life Jackets (Jaket penolong) sudah tidak layak digunakan.
Kepala KSOP Ternate, Taher Laitupa menuturkan, sidak ini merupakan kegiatan rutin sekaligus bagian dari aksi pos komando pengamanan arus mudik menjelang Natal dan Tahun Baru. Selain KSOP, sidak kali ini juga diikuti berbagai instansi seperti Dinas Perhubungan Ternate dan KP3.
 
“Semua transportasi laut di berbagai pelabuhan kami sidak. Dan untuk kesempatan pertama kami lakukan di pelabuhan Dufa-dufa. Banyak pihak yang ikut dilibatkan dalam aksi ini, seperti Satgas Posko, KSOP, TNI, Polri, Dinas Perhubungan, serta Asosiasi Usaha Pelayaran,” kata Taher.
Hal yang sama juga diutarakan Kepala Seksi Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan (Kasi Lala) KSOP Ternate, Arman Saleh, sekaligus Ketua Posko Satgas. Menurutnya, sidak tersebut lebih diarahkan untuk memeriksa kelengkapan keselamatan pelayaran, seperti tersedianya Life Jacket, jumlah penumpang, serta navigasi.
 
“Khusus menjelang Natal dan tahun baru, mobilitas pelayaran di pelabuhan Dufa-dufa sangat tinggi, baik kapal yang datang maupun berangkat. Untuk itu, kami akan terus memantau kesiapan seluruh transportasi laut, sehingga pelayaran tetap aman. Apalagi saat ini cuaca juga tidak menentu. Untuk itu pelibatan berbagai pihak juga sangat penting agar pelayaran di Ternate bisa terpantau,” ujar Arman, sambil menambahkan, Posko pengamanan arus mudik Natal dan tahun baru dibentuk sejak 18 Desember hingga 8 Januari 2018. (eko)
Show More

Deteksi News

DETEKSI NEWS - Menggelorakan Optimisme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close