ETALASE

Proyek Asrama Haji Ternate Diduga Ditangani Kontraktor Spesialis Pelabuhan

DETEKSI NEWSProyek pembangunan asrama haji milik Kanwil Kemenag Maluku Utara tahun 2017 yang berlokasi di Kelurahan Ngade, Ternate, terus menjadi perbincangan publik. Penyebabnya, selain karena pekerjaannya belum tuntas meski sudah melewati tahun anggaran, kualitas kontraktor pelaksana dan konsultan pengawas juga menjadi sorotan. Sebab disinyalir, proyek senilai Rp 12,6 miliar ini justru ditangani oleh kontraktor spesialis proyek pelabuhan.
Dugaan keterlibatan kontraktor pelabuhan di proyek yang bersumber dari anggaran jamaah haji, tepatnya dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ini, diperoleh Deteksi News ketika mengunjungi lokasi proyek di Kelurahan Ngade. Berbagai sumber menyebut, proyek asrama haji itu memang dikerjakan kontraktor pelabuhan, meskipun pemenang lelang proyek adalah PT Wahyu Adi Guna.
“Dugaannya seperti itu. PT Wahyu Adi Guna hanya dipinjam perusahaannya. Tapi yang mengerjakan proyek yakni orang-orangnya PT HPJ, kontraktor spesialis proyek pelabuhan. Jadi wajar saja kalau proyeknya tidak selesai sampai sekarang, karena kualitas kontraktor juga sangat meragukan,” kata salah satu sumber Deteksi News.
 
Menurut sumber tersebut, selain diikuti PT Wahyu Adi Guna, lelang proyek itu juga diikuti PT Emalamo Bangun Persada. Dan jika PT Emalamo yang ditetapkan sebagai pemenang, mungkin situasi proyek tidak seperti sekarang. Sebab PT Emalamo dianggap punya pengalaman untuk proyek bangunan multi hunian serta jasa pemasangan instalasi tenaga listrik gedung dan pabrik.
“Kalau proyek ini dikerjakan sendiri oleh PT Wahyu Adi Guna, mungkin tidak masalah, karena mereka memang punya kemampuan, sama seperti PT Emalamo Bangun Persada. Masalahnya, proyek ini diserahkan ke orang lain, yang bukan kontraktor spesialis bangunan. Jadi wajar saja kalau publik Maluku Utara marah. Apalagi dana yang digunakan bersumber dari dana ummat, dana jamah haji,” tegas sumber tersebut sambil menambahkan, konsultan perencanaan proyek ini yakni CV Dela Concieta, dan konsultan pengawas yakni PT Lintas Raya Desain.
 
Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek asrama haji Kanwil Kemenang Malut, Amar Manaf, ketika dikonfirmasi di lokasi proyek enggan mengakui keterlibatan kontraktor pelabuhan. Ia tetap berpegang pada dokumen lelang, dimana pemenangnya yakni PT Wahyu Adi Guna.
“Kami memberikan perpanjangan waktu selama 90 hari kepada kontraktor untuk menyelesaikan proyek. Ada banyak faktor yang membuat proyek ini terlambat, salah satunya fakto cuaca,” katanya.
 
Sayangnya, pihak PT HPJ hingga sekarang belum dapat dikonfirmasi, karena pimpinannya masih berada di lur daerah. (eko)

 

 

 

 

 

 

Show More

Deteksi News

DETEKSI NEWS - Menggelorakan Optimisme

One Comment

  1. Kepada Yth,
    PERUSAHAAN 
    DI TEMPAT

    Up : Pimpinan /HRD/finance dept perusahaan

    Perihal : Penawaran Penerbitan Bank Garansi & Asuransi,
    Tanpa Agunan, (Non Collateral)
    Bersama ini Kami ingin memperkenalkan diri, bahwa PT. RAFI BUANA SEJAHTRA adalah Perusahaan yang bergerak dibidang Jasa Penerbitan Jaminan Bank Garansi dan Asuransi Tanpa Agunan (Non Collateral), Proses Cepat, Bisa dicek Keabsahanya dan Polis Di Jamin kami antar.

    Jenis jaminan yang kami terbitkan yaitu sbb:
    1.Jaminan Penawaran ( Bid Bond )
    2.Jaminan Pelaksanaan ( Peformance Bond )
    3.Jaminan Uang Muka ( Advance Payment Bond )
    4.Jaminan Pemeliharaan ( Maintenance Bond ) 
    5.Jaminan pembayaran akhir tahun ( SP2D ) 

    Jenis jaminan Asuransi kami terbitkan antaranya sbb:
    • PT. Asuransi ASKRINDO
    • PT.Asuransi JASINDO
    • PT.Asuransi ASEI
    • PT.Asuransi SINARMAS
    • PT.Asuransi JAMKRINDO
    • PT.Asuransi ASKRIDA 
    • PT.Asuransi BUMIDA 
    • PT.Asuransi ACA
    • PT.Asuransi MEGA PRATAMA
    • PT.Asuransi BOSOWA PERISKOP
    • PT.Asuransi RAYA
    • PT.Asuransi BERDIKARI
    • PT.Asuransi RAMAYANA
    * PT.Asuransi REKAPITAL
    Jenis Bank Garansi Kami terbitkan sbb:
    * Bank Mandiri
    * Bank BRI
    * Bank BNI
    * Bank BTN
    * Bank SYARIAH BUKOPIN

    Besar harapan kami kiranya perusahaan kami diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan perusahaan bapak/ibu kelola terutama dalam hal perlindungan terhadap resiko (Wan Prestasi) baik itu proyek yang sedang berjalan / akan dilaksanakan maupun proyek yang sudah berjalan kami memberikan prosedur yang relative mudah yaitu proses cepat serta jaminan polis siap di antar.
    Demikianlah penawaran ini kami sampaikan, semoga ini merupakan awal kerjasama yang baik dan berkesinambungan dimasa yang akan datang. Sambil menunggu konfirmasinya Kita ucapkan terima kasih.

    Best RegardsPT. RAFI BUANA SEJAHTRA  Jl. Jeruk III No. 6 Utan Kayu Utara Jakarta Timur  

    From      : FEBY LAJUA JAYA
    No Hp    : 0822 8003 2522
    Telp       : (021) 8262 3655
    Email   :febylajuajaya@gmail.com            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close