HALMAHERA

Dihantam Banjir, Jembatan ke Pelabuhan Jailolo Ambruk

JAILOLO, DETEKSINEWS.com – Hujan deras yang mengakibatkan banjir beberapa hari lalu, berakibat ambruknya jembatan di Desa Hatebicara, Kecamatan Jailolo, Halmahera Barat, Rabu (11/7/2018) sekitar pukul 03.00 Wit dini hari. Ambruknya jembatan ini membuat arus lalu lintas menuju pelabuhan dan pasar Jailolo terganggu, karena harus berputar melalui jalur jalan di Dusun Jati, Desa Soakonora.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Halbar, Abdul Hamid Yusri, ketika dikonfirmasi mengatakan, dugaan sementara ambruknya jembatan tersebut akibat terkuras banjir pada bagian dinding jembatan.

Ia menjelaskan, sebelum ambruk, pihaknya sudah meninjau jembatan dan berencana akan mengajukan anggaran pada APBD perubahan 2018. Dengan kejadian kata Uci, sapaan akrab Abdul Hamid Yusri, pihaknya akan berupaya agar anggaran perbaikan jembatan yang menghubungan Desa Hatebicara dengan Desa Kusumadehe itu bisa diakomodir di APBDp.

“Jni adalah kejadian emergensi, mengingat jembatan tersebut masuk dalam akses jalan protokol. Untuk itu, anggaran perbaikan harus masuk dalam APBD-P,” katanya.

Terkait total anggaran yang dibutuhkan, Yusri mengaku belum bisa memastikan, karena jembatan harus dibongkar total.

Ia juga menghimbau kepada pengguna jalan terutama kendaraan roda dua maupun empat, agar tidak lagi melewati jembatan tersebut. Sebab dikhawatirkan, seluruh abudment jembatan sudah terkikis dan sisa jembatan akan ambruk lagi.

“Masyarakat sebaiknya melewati jalur, seperti Dusun Jati Desa Soakonora, karena sangat bergaya bagi kenyamanan,” tuntasnya. (lan)

Show More

Sahlan Kader

Wartawan Biro Halmahera Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close