DARI KAMPUNG

Warga Pertanyakan Pembangunan Jembatan Desa Ratem

JAILOLO, DETEKSINEWS.com – Warga Sidangoli, Kecamatan Jailolo Selatan, mulai mempertanyakan komitmen Pemkab Halbar untuk membangun jembatan Desa Ratem. Pasalnya, jembatan ini dikabarkan sebagai salah satu jembatan yang akan dibangun dengan menggunakan anggaran hasil pinjaman Pemkab Halbar di BPD. Namun hingga saat ini, belum ada tanda-tanda jembatan tersebut akan dibangun.

Ketua Forum Komukasi Masyarakat Jailolo Selatan Noval Hasanudin, mengatakan, berdasarkan sosialisasi yang disampaikan pemerintah, dana pinjaman sebesar Rp 159,5 miliar itu akan diprioritaskan untuk pembangunan 13 infastruktur jalan jembatan Halmahera Barat, termasuk didalamnya jembatan Ratem.

“Jembatan ini sudah hampir setahun hanya dibiarkan rusak seperti itu. Kami mulai curiga, jangan-jangan 13 item infrastruktur yg disampaikan itu hanya janji-janji kosong. Sebab kalau memang akan dibangun, prosesnya pasti sudah berjalan, karena anggaran pinjaman sudah dicairkan sejak Oktober 2017 lalu,” kata Noval.

Menurutnya, jembatan desa ratem sudah harus dibangun kembali karena sudah banyak memakan korban. Jembatan satu-satunya yang menghubungkan Sidangoli – Jailolo itu sudah beberapa kali ambruk, dan selalu diperbaiki warga secara gotong royong dengan menggunakan batang kelapa.

“Kami sangat mengkhawatirkan apabila terjadi lagi kecelakan, karena sudah berulang-ulang kali terjadi kecelakaan di lokasi tersebut,” jelasnya.

FKM Jalsel kata Noval, siap melakukan perlawanan apabila Pemkab Halbar menyalahgunakan anggaran pinjaman sebesar Rp 159,5 miliar itu, karena akan berdampak luas bagi masyarakat Halbar. (lan)

Show More

Sahlan Kader

Wartawan Biro Halmahera Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close