ADVERTORIAL

Abdjan : Water Front City Bagian dari Visi Misi Bupati dan Wabup Morotai

MOROTAI, DETEKSI NEWS.com – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pulau Morotai, Dr. Ir. H. Abjan Sofyan, MT menjelaskan, konsep pembangunan Water Front City di Desa Daruba, Kecamatan Morotai Selatan (Morsel), merupakan bagian dari pelaksanaan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Pulau Morotai, Benny Laos – Asrun Padoma, yang sempat disampaikan saat kampanye lalu.

Water Front City 1

Menurutnya, Water Front City merupakan kota di tepi pantai, yang mempunyai tujuan utama untuk merevitalisasi, memperbaiki kehidupan masyarakat pantai, termasuk nelayannya. Lewat program ini, pantai akan ditata kembali bagi kesejahteraan masyarakat, dengan tetap memberdayakan keunggulan potensi yang ada, seperti pertanian, perikanan, dan pariwisata.

Water Front City 2

Dia menambahkan, di tahun 2018 ini juga, proyek zona I sisi timur taman Kota Daruba dikerjakan dalam dua tahap. Untuk tahap pertama, pekerjaan dimulai dari jalan hingga penataan kawasan.

“Sementara untuk tahap dua nanti, dilanjutkan dengan proses pembuatan talud air mancur dengan model kelapa bido yang menjurus ke laut, serta jogging track. Lewat kegiatan ini, Morotai bakal menjadi kawasan smart green Morotai island,” kata Abdjan.

Water Front City 3

Mantan Sekab Halbar ini menjelaskan, anggaran yang digunakan merupakan sharing APBD dan APBN. Lewat APBD, Pemkab sudah mengalokasikan dana sebesar Rp 6,5 miliar untuk pelaksanaan reklamasi di areal seluas 250×70 meter. Sementara dana dari APBN sebesar Rp 20 miliar yang digunakan untuk pengerjaan dua tahapan proyek zona I.

Water Front City 4

Setelah pekerjaan di zona I tuntas, akan dilanjutkan pembangunan zona II, atau sisi barat taman Kota Daruba. Hanya saja, proses pekerjaannya baru akan dimulai tahun 2019 mendatang.

“Saat ini kami masih fokus di zona I. Untuk zona II, tahapan rancangannya nanti akan dibahas kembali bersama tim litbang,” tuntasnya. (ota)

 

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close