ETALASE

Pasca Putusan MK, AGK-Ya Unggul 4149 Suara

TERNATE, DETEKSINEWS.com – Majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutus sengketa Pilgub Malut 2018 dengan memerintahkan KPU Malut untuk menggelar pemilihan suara ulang (PSU) di tiga lokasi, yakni di enam desa (Desa Bobaneigo, Pasir Putih, Tetewang, Gamsungi, Dum-dum, dan Desa Akelamo Kao), serta Kecamatan Taliabu Barat (Talbar) dan Sanana. Dengan keputusan tersebut, membuat perolehan suara pasangan calon berubah dari apa yang telah ditetapkan oleh KPU melalui pleno rekapitulasi tanggal 7 Juli 2018 lalu.

BACA : 9 Temuan MK Penyebab PSU di Sanana dan Talbar

Dari hitung-hitungan yang dilakukan Deteksi News bedasarkan hasil rekap perolehan suara form DAA-KWK (rekapan di tingkat PPS) yang diperoleh melalui website www.infopemilu.kpu.go.id, serta form DB1-KWK (rekap tingkat KPU kabupaten kota) yang dimuat di website www.malut.kpu.go.id, perolehan suara pasangan KH Abdul Gani Kasuba – Al Yasin Ali (AGK-Ya) unggul 4149 suara dari pasangan Ahmad Hidayat Mus – Rivai Umar (AHM-Rivai), yang mencatat perolehan suara sebesar 163.229 suara. (Lihat daftar rekapan suara)

Sementara pasangan Burhan Abdurrahman – Ishak Jamaludin (Bur-Jadi) memperoleh suara sebesar 138.998 suara, disusul pasangan Muhammad Kasuba – Madjid Husen (MK-Maju) yang memperoleh suara sebanyak 63.793 suara.

BACA : Ini Pertimbangan Hukum MK Hingga Putuskan PSU di Enam Desa

Menariknya, jumlah DPT yang berhasil dihitung media ini di enam desa dan Kecamatan Taliabu Barat serta Sanana, angkanya mencapai 29.593 pemilih. Angka tersebut merupakan angin segar bagi pasangan Burhan Abdurrahman – Ishak Jamaludin (Bur-Jadi). Sebab jika pasangan ini mampu menyapu bersih seluruh DPT, maka perolehan suaranya bisa mencapai 168.591 suara. (Lihat daftar rekapan suara)

Pada rekapitulasi peroleh suara di tingkat KPU propinsi, pasangan AHM-Rivai unggul dengan perolehan 176.993 suara, disusul AGK-Ya sebanyak 169.123 suara, Bur-Jadi sebanyak 143.416 suara, dan terakhir MK-Maju yang memperoleh 65.202 suara. (eko)

Show More

Azwar EKO

Penulis Nomor Register Kompetensi Dewan Pers: 3015-PWI/WU/DP/VI/2012/18/10/79 (Wartawan Utama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close