ETALASE

Proyek Apron Bandara Babullah Terancam tak Selesai

TERNATE, DETEKSINEWS.com – Proyek peningkatan Pavement Classification Number (PCN) pada apron A, Taxiway A dan Taxiway C, Bandara Babullah Ternate tahun 2018, terancam tidak bisa diselesaikan tepat waktu. Penyebabnya, proyek yang bersumber dari anggaran Kementerian Perhubungan senilai Rp 43,8 miliar (Tepatnya Rp 43.899.036.000) itu, progresnya masih berada di bawah 60 persen. Sementara kontrak tersebut akan berakhir pada Oktober, bulan depan.

Informasi yang diperoleh Deteksi News menyebutkan, progres pekerjaan di lapangan sangat lambat. Padahal kontraktor yakni PT AA, memiliki waktu yang cukup untuk mengerjakan proyek tersebut, mengingat kontrak proyek dilakukan sejak bulan Februari 2018. Namun sayangnya, sampai tujuh bulan berjalan, pekerjaan tidak menunjukkan perkembangan yang signifikan.

“Kalau dihitung, rata-rata progres perbulan hanya mencapai tujuh persen, jauh di bawah target progres,” kata salah satu sumber Deteksi News.

Sumber tersebut mengatakan, keterlambatan proyek diduga karena kelalaian kontraktor dalam menyediakan material berupa aspal. Sebab jika dilihat dari lokasi pekerjaan, praktis tidak ada gangguan apapun, dan pekerjaan bisa dilakukan kapan saja, selama tidak mengganggu jadwal penerbangan.

Sementara itu, PPK proyek apron Bandara Babullah Ternate, Yuli, ketika dikonfirmasi via WA mengatakan, kontrak pekerjaan proyek tersebut dimulai dari tanggal 14 Februari sampai 10 November 2018. Namun pada Maret sampai Mei 2018, ada evaluasi dari Direktorat Bandar Udara dan Tim Panel Ahli dari UGM terkait kualitas fasilitas struktur eksisting.

“Hasil evaluasi itu berdampak terjadinya tambah kurang pekerjaan atau CCO, untuk item pekerjaan. Sehingga dilakukan addendum waktu pelaksanaan selama 45 hari sampai dengan tanggal 25 Desember 2018. Jadi kontraknya sampai Desember,” katanya singkat. (eko)

Show More

Azwar EKO

Penulis Nomor Register Kompetensi Dewan Pers: 3015-PWI/WU/DP/VI/2012/18/10/79 (Wartawan Utama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close