HALMAHERA

Pemkab Halbar Serahkan Aset Tanah Untuk Pembangunan Gudang Bulog

JAILOLO, DETEKSINEWS.com – Pemkab Halmahera Barat (Halbar) menyerahkan aset tanah seluas tiga hektar kepada Bulog Maluku-Maluku Utara. Penyerahan lahan yang terletak di Desa Tuada, Kecamatan Jailolo itu, tujuannya agar Bulog dapat membangun gudang, sehingga stok beras di Halbar, maupun Halut dan Haltim bisa ditampung di gudang ini.

Kabag Pemerintahan Setda Halbar, Ramli Naser, ketika dikonfirmasi mengatakan, dengan diserahkannya aset tanah, pihak Bulog sudah bisa memanfaatkannya untuk pembangunan gudang di tahun 2019 mendatang. Dan aset tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Halbar Danny Missy, kepada Kepala Bulog Maluku-Malut, Arif Mandu, di ruang rapat bupati, Kamis (22/11).

“Jadi menurut pak Kepala Bulog Divre Maluku-Maluku Utara, gudang yang dibangun itu akan menjangkau dua kabupaten lainnya, yakni Halut dan Haltim,” ungkapnya.

Ramli menambahkan, bupati berharap dengan dibangunnya gudang Bulog nanti, kekurangan stok beras di Halbar bisa teratasi. Sebab selama ini, stok beras selalu diambil dari Kota Ternate, dan itu membutuhkan biaya transportasi yang cukup besar. Selain itu, gudang Bulog yang akan dibangun juga sangat repsentatif, karena letaknya berada di jalan raya menuju pelabuhan kontener yang saat ini telah selesai dibangun.

“Kalau pelabuhan kontener sudah aktif, maka beras untuk wilayah Halbar tidak perlu dipasok lagi dari Kota Ternate, tapi langsung ke Halbar. Mudah-mudahan di tahun 2019 mendatang rencana ini akan terealisasi. Dan perlu diketahui bahwa gudang dan kantor Bulog akan dibangun dengan kapasitas cukup besar. Karena selain menampung beras untuk dua kabupaten lainnya, gudang ini juga bakal difungsikan untuk komoditi lain, seperti jagung dan sayur sayuran, mengingat Halbar saat ini sudah mulai memproduksi jagung,” jelasnya. (lan)

Show More

Sahlan Kader

Wartawan Biro Halmahera Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close