DARI KAMPUNG

Pemilik Lahan Ancam Polisikan Kades Moiso dan Pengurus KSM

SIDANGOLI, DETEKSINEWS.com – Program pembangunan MCK dan IPAL di Desa Moiso Kecamatan Jailolo Selatan, Halbar, tidak pernah sepi dari masalah. Jika sebelumnya, program sanitasi lingkungan berbasis masyarakat yang bersumber dari anggaran Kementerian PUPR tahun 2018 ini disoal lantaran dikerjakan pihak ketiga, kini muncul lagi masalah baru terkait dengan status lahan.

Bahkan pemilik lahan yang menjadi lokasi pembangunan proyek tersebut, mengancam akan melaporkan Kades Moisi, Idris Gula dan pengurus Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) ke kepolisian.

Sabri Daeng

Hal ini dilakukan karena surat penyataan hibah pemanfaatan lokasi yang dimasukan oleh KSM ke Dinas PUPR Halbar diduga fiktif. Sang pemilik lahan, Sabri Daeng, mengaku tidak pernah membuat ataupun menandatangani surat pernyataan tersebut.

“Saya tidak pernah menandatangani surat hibah itu. Kalaupun ada surat yang dimasukan oleh KSM, maka saya pastikan surat (pernyataan) hibah itu fiktif. Dan saya akan tempuh jalur karena mereka telah melakukan tindakan penyerobotan lahan,” kata Sabri ketika ditemui di rumahnya di Desa Moiso.

Selain itu kata Sabri, dirinya juga dalam waktu dekat akan memboikot pembangunan MCK dan IPAL agar tidak bisa difungsikan. Alasannya, lahan tersebut merupakan haknya dan tidak pernah ada surat hibah kepada siapapun

“Saya akan palang MCK itu,” tegasnya.

Sementara itu, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Halbar, Robert Djumati, saat dikonfirmasi tidak banyak berkomentar. Ia hanya mengatakan bahwa surat pernyataan hibah merupakan syarat utama keluarnya program ini.

“Lokasi pembangunan MCK dan Ipal harus tidak bermasalah, dan dibuktikan dengan surat pernyataan hibah. Ini syarat utama. Apabila terjadi temuan seperti ini, maka bukan tanggung jawab kami, namun langsung dikoordinasikan dengan Kades atau KSM yang mengelola,” katanya singkat. (lan)

Show More

Sahlan Kader

Wartawan Biro Halmahera Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close