INFO PUPR MALUT 2019

PUPR Malut Pastikan Jembatan Ake Dohuru Segera Dibangun

SOFIFI, DETEKSINEWS.com – Pemerintah provinsi Maluku Utara (Malut), melalui dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), mengambil langkah cepat penanganan jembatan Ake Dohuru, Desa Kusu Sinopa, kecamatan Oba, yang ambruk pada pekan lalu. Pihak PUPR Malut bersama Pemkot Tikep, telah menerjunkan alat berat untuk menyiapkan jembatan darurat, sebagai jalan alternatif pemenuhan akses yang sementara macet.

Ambruknya jembatan yang terletak di perbatasan Oba tengah dan Oba Selatan ini, tidak hanya membuat aktivitas masyarakat sekitar terganggu. Namun akses dari Sofifi menuju Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) dan Halteng juga mengalami kendala, karena tidak bisa lagi dilewati kendaraan.

Djafar Ismail, ST, SE

Kepala Dinas PUPR Malut Djafar Ismail, saat dikonfirmasi memastikan, tahun ini jembatan tersebut sudah akan dibangun, karena jalan tersebut merupakan kebutuhan banyak orang. Apalagi jalan itu menghubungkan antar kabupaten. Jika tidak cepat dibangun maka aktivitas ekonomi masyarakat bisa terganggu.

“Namun sambil menunggu proses pembangunan, lebih dulu dibangun jembatan darurat. Karena darurat, akan dibatasi mobil dengan kapasitas muatan diatas dua sampai tiga ton,” terangnya.

Selain menjadi kebutuhan, pihaknya juga telah mendapat arahan langsung dari Gubernur KH. Abdul Gani Kasuba untuk segera membangun jembatan baru.

“Arahan dan petunjuk pak Gubernur untuk segera dibangun. Karena itu, kami berkoordinasi dengan Pemkot Tikep untuk segera persiapan jembatan darurat,” tambahnya.

Kata dia, jembatan ini pernah ambruk karena termakan usia, dan dibangun pada tahun 2009 lalu. Namun karena struktur tanah bekas gusuran, sehingga ketika terjadi curah hujan yang kuat mengikis bagian bawah.

“Kita bersyukur jembatan ini ambruk di malam hari, sehingga tidak memakan korban,” terangnya sembari mengatakan, pembangunan selanjutnya akan diperhatikan benar struktur tanah, panjang jembatan, sehingga tidak mudah ambruk meski hujan. (eko)

Show More

Azwar EKO

Penulis Nomor Register Kompetensi Dewan Pers: 3015-PWI/WU/DP/VI/2012/18/10/79 (Wartawan Utama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close