SUPREMASI

Laporan Warga Moiso akan Ditindaklanjuti

JAILOLO, DETEKSINEWS.com – Kepala Inspektorat Kabupaten Halmahera Barat Julius Marau, dalam waktu dekat akan turun ke desa Moiso untuk menindaklanjuti laporan masyarakat terkait dugaan penyalagunaan ADD/DD tahun 2016-/2017, sekaligus melakukan pemeriksaan reguler ADD/DD tahun 2018.

Berdasarkan laporan masyarakat Desa Moiso, terjadi dugaan penyelewengan DD tahun 2016, seperti pembangunan saluran irigasi yang seharusnya dibangun 500 meter, namun realisasi hanya sekitar 300 meter. Demikian pula pembangunan masjid tahun 2017 yang dinilai tidak ada realisasi. Hal yang sama juga terjadi pada pembangunan saluran irigasi tahun 2018, dimana dalam RAB tercapat pengadaan kerikil 25 kubik, namun ternyata fiktif.

Hal ini disampaikan oleh Julius Marau saat ditemui Deteksinews usia menerima laporan dari warga desa goal kecamatan Sahu Timur di ruang kerjanya 4/3/19.

“Di tahun 2019 ini sesuai Permendagri 35 tahun 2018, ada kewenangan melakukan pemeriksaan reguler di setiap desa tanpa ada laporan dari masyarakat. Untuk itu, kami akan memeriksa penggunaan DD di beberapa desa termasuk Desa Moiso,” kata Julius Marau saat ditemui Deteksinews usai menerima laporan dari warga Desa Goal kecamatan, Sahu Timur, di ruang kerjanya, Senin (04/03)
Julius menjelaskan, untuk Desa Moiso, dirinya mengaku sudah memerintahkan Sekertaris Inspektorat untuk segera menyurat ke DPMPD, meminta dokumen APBDes dan LPJ Desa Moiso tahun 2016-2018, guna melakukan pemeriksaan reguler.

“pabila betul terjadi penyalahgunaan, maka kami akan merekomendasikan ke DPMPD,” jelasnyanya. (lan)

Show More

Sahlan Kader

Wartawan Biro Halmahera Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close