PROMO

Rp 80 Miliar Anggaran Pemprov untuk Infrastruktur Halbar

JAILOLO, DETEKSINEWS.com – Kabupaten Halmahera Barat terus mendapat perhatian dari Pemerintah Provinsi Maluku Utara, dalam hal pembangunan infrastuktur. Di tahun ini misalnya, pemprov sudah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 80 miliar untuk membangun beberapa infrastruktur, terutama pembangunan jalan, kawasan permukiman, pertanian dan perikanan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bappeda Provinsi Malut, Samsudin Banyo, saat memberikan sambutan pada Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrembang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020 tingkat kabupaten Halbar, yang berlangsung di aula lantai I Kantor Bupati, Senin (25/03).

Samsudin mengatakan, seringnya komunikasi dan koordinasi yang dilakukan oleh Bupati Halbar, Danny Missy, ke Pemprov Malut, membuat pemprov memberikan perhatian terhadap pembangunan infrastruktur di Halbar.

“Infrastruktur jalan Jano-Kedi Kecamatan Loloda sudah masuk provinsi, sehingga tahun ini bisa dituntaskan,” jelasnya.

Foto bersama usai pembukaan musrenbang

Pemprov kata Samsuddin, tetap memberikan dukungan kepada Pemkab Halbar dalam hal pembangunan infrastruktur, dengan turut menghadirkan beberapa kepala SKPD pada kegiatan musrenbang Halbar. Untuk itu diharapkan, program skala prioritas kabupaten/kota, harus sinergi dengan program Pemprov.

“Saat ini semua program sudah diinput melalui e-planning. Makanya usulan program kegiatan tahun 2020 harus disampaikan lebih awal, sehingga bisa masuk dalam sistem, termasuk rencana pembangunan pabrik minyak kelapa di Sidangoli, jelasnya.

Sementara itu, Bupati Halbar, Danny Missy dalam sambutannya berharap, musrembang tingkat kabupaten ini akan memperoleh kesepakatan dalam merencanakan program-program pembangunan, yang sifatnya strategis dan bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi, serta pemerataan pendapatan masyarakat di daerah. Dengan begitu, program yang direncanakan dapat berdaya guna dan berhasil guna.

”Saya berharap kepada Kepala Bappeda Provinsi Maluku Utara dan bapak gubernur, agar anggaran tahun 2020 untuk Halmahera Barat, bisa sedikit naik dari Rp 80 miliar menjadi Rp 100 miliar,” kata Danny. (lan)

Show More

Sahlan Kader

Wartawan Biro Halmahera Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close