PROMO

Bupati Pastikan Sentra Produksi Kelapa Bisa Tekan Pengangguran

JAILOLO, DETEKSINEWS.com – Bupati Halmahera Barat (Halbar) mengaku sudah merancang kerja sama dengan Pemprov Maluku Utara (Malut) serta Ditjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA), untuk mengekspor hasil produksi di Sentra Industri Kelapa Terpadu. Jika rancangan ini sudah berjalan, maka kehadiran sentra industri di Halbar bisa menekan angka pengangguran.

Saat berbicara dengan wartawan usai peresmian sentra industri kelapa di Desa Acango, Jailolo, Selasa (09/04), bupati menjelaskan, saat dirinya menghadiri pameran di Surabaya beberapa waktu lalu, sudah banyak dari kalangan pengusaha yang meminta hasil produksi Halbar, terutama VCO.

“Bahkan mereka sudah menjamin, berapapun hasil produksi VCO kita, mereka akan ambil, karena VCO sudah cukup diminati di seluruh dunia. Lewat Surabaya, mungkin VCO kita bisa ekspor keluar negeri,” ungkap bupati.

Pembukaan rumah industri

Menurutnya, Halmahera Barat saat ini memiliki lahan kelapa sebanyak 34 ribu hektar, dan rata – rata ditanami kelapa. Persoalan sekarang katanya tinggal bagaimana memastikan agar hasil dari 34 ribu hektar ini bisa masuk ke sarana produksi.

“Pemda sudah menyiapkan strategi, mulai dari bekerja sama dengan perusda, BUMD dan seluruh kelompok masyarakat sebagai pengumpul buah kelapa. Teknisnya kita buat semacam jejaring, agar seluruh pemberdayaan kepada masyarakat itu bisa terlaksana dengan baik. Saya mau dengan hadirnya sentra produksi ini, masyarakat yang menikmati, bukan pengusaha – pengusaha tertentu,” kata Danny.

Danny juga memastikan, pihaknya tetap bekerja sama dengan pengumpul-pengumpul besar yang selama ini sudah bergerak di bisnis kopra. Namun tujuannya tetap mengutamakan pemberdayaan masyarakat Halbar.

“Target Pemkab Halbar kedepan,┬ákehadiran rumah produksi ini mampu menekan angka pengangguran, sekaligus bisa meningkatkan ekonomi masyarakat di Halbar. Sebab di rumah produksi ini ada lima bangunan, dan satu bangunannya bisa menampung pekerja sampai 60 orang. Sehingga hitungan kami, ada 300 pekerja yang dibutuhkan,” ucapnya. (lan)

Show More

Sahlan Kader

Wartawan Biro Halmahera Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close