ADVERTORIAL

Resmikan Sentra Industri Kelapa, Dirjen IKMA Apresiasi Kinerja Bupati Halbar

JAILOLO, DETEKSINEWS.comĀ  – Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI, Gati Wibawaningsih, memberikan pujian dan apresiasi kepada Bupati Halbar, Danny Missy, atas semangat dan kerja kerasnya mendorong sentra industri hadir di Halbar. Karena semangat itulah, Kemenperin merealisasikan program yang diinginkan bupati.

Pujian itu disampaikan Gati Wibawaningsih, saat meresmikan sentra industri kelapa, yang berlokasi di Desa Acango, Jailolo, Selasa (10/04). Sejumlah pejabat turut hadir pada acara peresmian ini, seperti Kadis Perindag Malut, Asrul Gailea, dan Forkompimda Halbar.

Gati mengatakan, masyarakat Halbar perlu bersyukur karena memiliki bupati yang selalu memikirkan masyarakat. Buktinya bupati tidak pernah bosan memperjuangkan rumah industri.

“Saya saksikan langsung dan saya rasakan serta buktikan keseriusan Bupati Halbar dalam memperjuangkan rumah industri. Sebab rumah industri merupakan salah satu upaya pemda dalam mengatasi anjloknya harga kopra,” kata Gati.

Pernyataan pers Dirjen IKMA Kemenperin

Gati mengakui, untuk mengatasi anjloknya harga kopra bukan perkara mudah, karena harga kopra berlaku secara global. Untuk itu, dibutuhkan upaya lain yang tidak hanya mampu mengatasi masalah harga, tapi juga berdampak pada tumbuhnya UKM.

“Posisi kami di kementerian hanya sebagai fasilitator. Semuanya tergantung kerja keras dari pemda untuk bisa menghadirkan kebijakan di daerah masing-masing. Dan Bupati Halbar menjadi salah satu contoh sukses yang mampu memperjuangkan masalah di daerah, dengan menghadirkan sentral industri kelapa di Halbar ,” jelas Gati Wibawaningsih.

Lebih lanjut Gati menambahkan, pihaknya juga saat ini sedang memproses permintaan bupati terkait pembangunan dua sentra industri lagi, yakni industri jagung dan padi. Untuk industri jagung katanya, diharapkan tahun depan sudah bisa dikabulkan. Sementara untuk industri padi masih memerlukan telaah lebih mendalam lagi.

“Karena Indonesia adalah penghasil kelapa terbanyak di dunia, maka kami berharap agar potensi ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Dan kami sangat suport dengan apa yang dilakukan pemda, termasuk oleh bupati Halmahera Barat,” tuntasnya.

Sebelumnya, Bupati Halbar Danny Missy dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih kepada Kementrian Perindustrian, yang telah menghadirkan rumah industri di Halbar. Sebab menurutnya, industri ini diharapkan mampu menjawab keluhan masyarakat.

“Kami juga membutuhkan campur tangan Pemprov Maluku Utara, untuk kita sama-sama menjalankan industri ini, agar bisa mengatasi keluhan warga terkait harga kopra. Mari kita sama-sama membenahi lingkungan industri, supaya tidak ada lagi masyarakat kita yang berteriak terkait dampak anjloknya harga kopra,” ujarnya. (lan)

Show More

Sahlan Kader

Wartawan Biro Halmahera Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close