HALMAHERA

PLTS Desa Pumadada Resmi Beroperasi

JAILOLO, DETEKSINEWS.com – Warga Desa Pumadada, Kecamatan Loloda, Halmahera Barat, bisa bernafas lega. Penantian panjang akan hadirnya penerangan listrik di desa mereka kini benar-benar terwujud. Bahkan pada Kamis (11/04) lalu, Bupati Halbar, Danny Missi sudah meresmikan pengoperasian PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) terpusat (Komunal off grid) dengan daya 45 KWp.

Bupati dalam sambutanya menyampaikan, PLTS terpusat ini merupakan sumber energi yang dikonfersikan dari energi matahari menjadi sumber energi listrik. Dengan demikian, PLTS Desa Pumadada merupakan salah satu sarana yang ramah lingkungan dan baik untuk memenuhi kebutuhan keseharian masyarakat.

“Hadirnya PLTS terpusat Desa Pumadada adalah untuk memberikan pelayanan energi listrik yang berkeadilan di pelosok desa yang belum teraliri listrik dan belum dijangkau oleh jaringan PLN, serta untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata bupati.

Menurutnya, untuk mewujudkan nawacita Presiden Joko Widodo menuju Indonesia Terang, maka Kementrian Energi dan Sumberdaya Mineral melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi (ESDM) Maluku Utara, telah membangun PLTS ini di tahun 2018.

PPK PLTS Pumadada, Abujan Abdul Latif menjelaskan, pembangunan PLTS Desa Pumadada, dimulai sejak tanggal 19 Juli 2018 hingga 10 Desember 2018, berdasarkan kontrak nomor : 002/PPK-DAK/Kontrak-Pumadada/DESDM/MU/VII/2018. Adapun pengoperasian PLTS ini diserahkan ke Pemdes dan sudah dilakukan serah terima.

“Tentunya tidak diserahkan begitu saja, namun Dinas ESDM Malut lebih dulu memberikan pemahaman kepada operator tentang tatacara pengelolaan PLTS ini. Dan kegiatan itu sudah kami laksanakan sejak bulan Maret lalu,” pungkasnya. (lan)

Show More

Sahlan Kader

Wartawan Biro Halmahera Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close