HALMAHERA

DPRD Halbar Sahkan Dua Perda

JAILOLO, DETEKSINEWS.com – DPRD Halmahera Barat (Halbar) mensahkan dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda), pada rapat paripuna yang dipimpin Ketua DPRD Julice D Baura, di gedung DPRD Halbar, Kamis (23/05). Kedua perda tersebut yakni Perda Badan usaha milik Desa (BUMDes) dan Perda Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Setelah melalui kajian yang dilakukan tim Bapemperda dan Propemperda, dua Ranperda kita sahkan menjadi Perda,” ungkap Julice saat memimpin rapat.

Bupati Halbar, Danny Missy, dalam sambutannya menyampaikan, selain dua ranperda tersebut, Pemkab Halbar juga sudah mengajukan empat ranperda lainnya ke DPRD. Yakni ranperda kepariwisataan, persampahan, perlindungan terhadap perempuan dan anak dan ranperda kabupaten layak anak.

“Perda keparawisataan perlu dibuat, sehingga menjadi dasar hukum dalam penarikan retribusi pendapatan dan pelaksanaan ivent FTJ. Untuk Ranperda persampahan tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membuang sampah dengan baik. Sementara ranperda perlindungan perempuan sangat penting, untuk menekan angka kekerasan terhadap perempuan. Sedangkan ranperda kabupaten layak anak tujuannya agar anak-anak terhindar dari tindakan kriminalitas,” papar bupati sambil berharap agar keempat ranperda ini dapat segera dibahas untuk selanjutnya disahkan menjadi perda. (lan)

Show More

Sahlan Kader

Wartawan Biro Halmahera Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close