PROMO

Halbar Raih Opini WTP dari BPK

JAILOLO, DETEKSINEWS.com – Langkah Bupati Halmahera Barat (Halbar) Danny Missy dalam menata pengelolaan keuangan daerah, membuahkan hasil yang maksimal. Hal ini dibuktikan dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Maluku Utara (Malut), yang diperoleh Pemkab Halbar untuk kali kedua.

Opini WTP ini merupakan prestasi penting, mengingat sejak Halbar ditetapkan sebagai Daerah Otonom Baru (DOB) pada tahun 2003 silam hingga tahun 2015, Pemkab Halbar belum pernah meraih opini WTP. Namun dengan hadirnya Danny Missy sebagai bupati sejak tahun 2016, berbagai terobosan dilakukan guna memperbaiki tata kelola keuangan. Dan hasilnya dalam dua tahun berturut-turut, opini WTP berhasil diperoleh.

“Predikat opini WTP yang kita dapat kedua kalinya ini, merupakan terobosan pak Bupati dalam menata pengelolaan keuangan daerah,” ungkap Kepala Inspektorat Halbar, Julius Marau, ketika dikonfirmasi, Jumat (24/5).

Julius mengatakan, Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK tahun 2019 atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2018, telah diserahkan BPK, Jumat (24/5). LHP tersebut diterima langsung bupati di gedung BPK perwakilan Malut.

Dalam melakukan pemeriksaan kata Julius, BPK melihat pada empat kriteria, yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektivitas sistem pengendalian intern. Dari empat kriteria itu, Pemkab Halbar sudah menjalankannya secara baik, sehingga BPK memberikan opini WTP.

“Untuk mempertahankan WTP, bupati menegaskan agar kedepan dilakukan kejujuran audit terhadap pekerjaan konstruksi, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan, pemeriksaan reguler pada SKPD atas penggunaan anggaran dan dilakukan penguatan Sistim Pengendalian Internal (SPI). Selain itu,jajaran pemerintah juga harus tertib dalam penggunaan anggaran sesuai kegiatan yang ada dalam DPA dan RKA,” pungkasnya.

Saat menerima LHP yang diserahkan Kepala BPK Malut, M. Ali Asyhar, Bupati Danny Missy didampingi Ketua DPRD Julice D. Baura, Wakil Ketua Komisi II DPRD Halbar, Ibnu Saud Kadim, serta Kepala Inspektorat, Julius Marau. (lan)

Show More

Sahlan Kader

Wartawan Biro Halmahera Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close