INFO PUPR MALUT 2019

TP4D Kawal Proyek SDA PUPR Malut

TERNATE, DETEKSINEWS.com – Dinas PUPR Maluku Utara turut memberikan perhatian penuh terhadap pelaksanaan tiga paket irigasi di Bidang Sumber Daya Air (SDA), salah satunya dengan melibatkan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejati Maluku Utara. Ini karena ketiga paket tersebut masuk dalam kategori proyek strategis, sehingga membutuhkan pengamanan baik dari internal maupun eketernal.

“Ini merupakan perintah langsung Kepala Dinas PUPR Malut, agar seluruh proyek strategis melibatkan TP4D dalam pengawasan. Dan tiga paket di bidang SDA merupakan proyek strategis sehingga melibatkan TP4D,” kata Kepala Bidang SDA, Mirza Ahmad, ST, MT.

Tim Pemantapan Bidang SDA, dinas PUPR Malut, saat di Lokasi Proyek irigasi Wayamli Halmahera Timur

Menurutnya, saat ini seluruh proses lelang dua paket pekerjaan irigasi di desa Wayamli kabupaten Halmahera Timur, sudah rampung. Bahkan dua proyek berbendrol Rp. 22.125.123.000 dan Rp. 16.745.000.000 yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019 tersebut, sudah siap dilaksanakan selesai liburan panjang Hari Raya Idul Fitri, melalui kontraktor pelaksana yakni PT. Saritehnik Canggih Perkasa dan PT. Jatiluhur Gemilang.

Sedangkan untuk paket pekerjaan Bendung Aha di desa Aha, Kabupaten Pulau Morotai yang dianggarkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019 sebesar Rp. 5 miliar, masih dalam proses penyelesaian lelang. PPTK proyek tersebut yakni Erwin Irwan M. Said, ST.

Senada dengan Mirza, Pejabat Pelaksana Tekhnik Kegiatan (PPTK) yang juga menangani proyek Irigasi saluran primer Wayamli, Syukri M. Nur, ST dan PPTK pekerjaan Irigasi Wayamli saluran sekunder, Fahri Tilaar, ST mengatakan, luas daerah irigasi di Wayamli mencapai 2000 Ha. Jumlah tersebut diprediksi akan mampu mengairi sawah di desa Wayamli.

“Saluran irigasi primer berfungsi mendistribusikan atau mengalirkan air dari bendungan yang sudah dibangun. Air dari saluran primer diteruskan ke saluran sekunder dan diteruskan lagi sampai ke saluran tersier, yang tentunya itu adalah lahan sawah petani,” kata Syukri dan Fahri. (eko)

Show More

Azwar EKO

Penulis Nomor Register Kompetensi Dewan Pers: 3015-PWI/WU/DP/VI/2012/18/10/79 (Wartawan Utama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close