INFO PUPR MALUT 2019

Dinas PUPR Malut Gelar Verifikasi Data Jalan di Morotai

MOROTAI, DETEKSINEWS.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bidang Bina Marga bekerja sama dengan Satuan Kerja (SATKER) P2JN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat laksanakan kegiatan Verifikasi Data Teknis Jalan Daerah Lanjutan untuk seluruh SKPD Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang se – provinsi Maluku Utara.

Kepada Malutnews, Ir. Faris Hi. Abdulbar, ST yang juga sebagai Kepala Seksi Pembangunan Bidang Bina Marga pad Dinas PUPR Provinsi, mengatakan verifikasi data tekhnis jalan dilaksanakan pada tanggal 10 shingga 12 Juli 2019 di D’Aloha Resort Pulau Morotai.

Faris bilang Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan Verifikasi Data Teknis Jalan Daerah yang dilaksanakan pada tanggal 25 – 26 April 2019 di Kota Bandung, dimana saat itu seluruh daerah Kab./Kota se – provinsi Maluku Utara belum terverifikasi data teknis jalannya, sehingga diperlukan verifikasi lanjutan.

Kegiatan yang hadiri oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten/kota se – provinsi Maluku Utara, Kepala Satuan Kerja P2JN Kementerian PUPR Provinsi Maluku Utara Bapak Ir. Roby Abipramono, MT, para Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kab/Kota seprovinsi Maluku Utara, dan Tim Verifikator Pusat yang dipimpin Langsung oleh Kasubid Perencanaan dan Pemograman I pada Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah Sekretariat Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI Ibu Desi Meriana, ST. MT itu berjalan sukses, kata Faris.

Hal tersebut kata dianlagi, karena dibuktikan dengan data teknis jalan di 11 daerah 1 provinsi, 10 Kabulaten dan kota se – provinsi Maluku Utara berhasil 100% terverifikasi pada Sistem Pengelolaan Database Jalan Propinsi Dan Kabupaten/Kota yang disingkat menjadi SiPDJD di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Dari SIPDJD Data Teknis Jalan Provinsi Tahun 2019 adala sebagai berikut : panjang jalan 1,276.80 Km, kondisi tidak mantap 725,602 Km (56,83%), kondisi mantap 551,198 Km (43,17%). Dengan demikian Faris bilang kinerja jalan mengalami peningkatan sebesar 7,91% dari tahun 2018 menjadi 35,25%. persentase APBD diluar DAK untuk jalan sebesar 10,09% dan Konektivitas (tingkat keterhubungan) sebesar 79,46%.

Dokumen hasil verifikasi data teknis berupa data kondisi jalan provinsi dan kabupaten/kota langsung diserahkan kepada Ibu Kasubid Perencanaan dan Pemograman Kementerian PUPR, sehingga seluruh SKPD Dinas PUPR tidak perlu lagi ke Jakarta, selanjutnya menunggu Undangan Sinkronisasi dan harmonisasi usulan DAK Bidang Jalan Tahun 2020 yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada bulan Agustus nanti di Jakarta tutup Ir. Faris Hi. Abdulbar, ST

Sementara itu Ketua Tim Verifikasi dari Kementerian PUPR, Desi Meriana,ST,MT melalui sambungan WhatsApp mengatakan atas nama Tim Verifikator mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Maluku Utara, Ka Satker P2JN Provinsi Maluku Utara dan seluruh SKPD Dinas PUPR kabupaten/ kota se- provinsi Maluku Utara atas kerjasama dan suasana kekeluargaan dipaguyuban keluarga besar Pekerjaan Umum Maluku Utara selama di Ternate dan Morotai.

Desi juga mengaku takjub dengan keindahan pulau Dodola dan berharap dapat berkunjung kembali dipulau Morotai dimasa yang akan datang. (eko)

Show More

Azwar EKO

Penulis Nomor Register Kompetensi Dewan Pers: 3015-PWI/WU/DP/VI/2012/18/10/79 (Wartawan Utama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close