HALMAHERA

Satgas Saber Pungli Pulau Morotai Gelar Sosialisasi

MOROTAI, DETEKSINEWS.com – Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Pulau Morotai menggelar sosialisasi bahaya pungli kepada aparat perangkat desa di wilayah Kecamatan Morotai Selatan. Sosialisasi dengan tema “Mari Bersama Wujudkan Morotai Bebas Pungli, Kami Tolak Pungli” itu berlangsung di aula Kantor Kecamatan Morotai Selatan, Selasa (27/8).

Ketua Satgas Saber Pungli Pulau Morotai, Kompol drh. Dedi Wijayato, menyampaikan Satgas Saber Pungli di Morotai sendiri sudah ada sejak tahun 2017, dan sifatnya melakukan pengawasan aga tidak terjadi kegiatan pungutan liar.

“Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan sebaiknya segala bentuk pungutan yang sudah dirapatkan agar dibuat berita acara dengan syarat tidak memaksakan kehendak atau bisa diterbitkan Peraturan Desa tanpa melanggar peraturan yang ada dan disetujui oleh Pemkab serta DPRD,” kata drh. Dedi Wijayato, saat menyampaikan materi sosialisasi.

Sementara Wakil Ketua Satgas Saber Pungli, Asep R. Subekti, yang juga sebagai Kasi Intel Kajari Morotai, menyampaikan pungli di pemerintahan desa biasanya membawa nama biaya administrasi. Padahal sebenarnya, desa sudah memiliki dana administrasi yang dikucurkan pemerintah, seperti rekomendasi surat ijin keramaian.

“Biaya administrasi yang merupakan beban pihak pemohon seperti materai dan lain lain sebaiknya disampaikan dan dituangkan agar tidak menjadi dugaan Pungli,” jelasnya.

Ia menambahkan, sumber pungli di pemerintah desa lainnya yakni biaya pengurusan prona. Padahal sesuai sosialisasi di Badan pertanahan Nasional (BPN), prona tidak dipungut biaya sama sekali. Berbeda jika pengurusan sertifikat lahan dilakukan secara mandiri oleh pemilik tanah.

“Namun jika biaya yang dikeluarkan oleh pemohon merupakan kesepakatan yang tidak memaksa dan tidak memberatkan pihak pemohon, maka itu bukan pungli,” paparnya menambahkan.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi diantaranya, Dansatpom Lanud Leo Wattimena Mayor Pom, Benyamin Sirait, Sekcam Morotai Selatan, Nurhayati Taher, SE, KabagOps Polres Morotai, AKP Didik, Kasat Sabhara Polres Morotai, AKP M. Abubakar, KBO Reskrim Polres Morotai Iptu Natsir, Kasat Intelkam Polres Morotai, Iptu Sudir, Kasiwas Polres Morotai, Iptu Sutartiyono, Anggota Intel Lanal Morotai, Serka Rum Willy Septian dan perangkat desa se kecamatan Morotai Selatan. (von)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close