DARI KAMPUNG

Bahas Kasus Pembunuhan, Camat Hadiri Rapat Pemdes dan Pemuda

MABA, DETEKSINEWS.com – Puluhan warga, pemuda dan aparat Pemerintah Desa di wilayah Kecamatan Maba Selatan, Halmahera Timur, menggelar pertemuan internal membahas kasus pembunuhan terhadap tiga warga Waci, yakni Karim Abdurahman, Yusuf Halim dan Habibu Salatun. Pertemuan yang digelar di halaman Kantor Desa Waci, Kamis (29/8) malam itu turut dihadiri Camat Maba Selatan (Mabsel), Mochtar Hi. Muhammad.

Dalam pertemuan tersebut disepakati sejumlah poin, diantaranya masyarakat Maba Selatan akan menggelar aksi damai di Polres Haltim, Kejaksaan Negeri Soasia, Tidore dan Polda Malut, untuk mendesak pihak berwajib agar menuntut hukuman mati kepada para pelaku pembunuhan, sesuai pasal 340 KUHP. Mereka menolak jika pelaku hanya dijerat dengan hukuman penjara seumur hidup atau 20 tahun.

Tokoh masyarakat dan pemuda Maba Selatan ikut hadir pada pertemuan internal

Selain itu, pertemuan juga menyepakati pembentukan Forum Peduli Warga Waci untuk mengawal kasus ini. Pemerintah desa, pemuda dan mahasiswa Maba Selatan juga memberikan ultimatum atau peringatan keras kepada para pelaku yang masih dalam pengejaran, bahwa warga Maba Selatan tidak tinggal diam sebelum semua pelaku berhasil ditangkap.

“Peristiwa seperti ini sudah sering terjadi di wilayah Maba Selatan. Untuk itu dalam pertemuan yang dihadiri camat dan sembilan kepala desa, seperti Kades Loleolamo, Gotowasi, Peteley, Waci, Momole, Kasuba, Bicoli, Sil dan Sooli, mereka menyatakan sikap mendukung aksi ini, dengan tujuan agar ke depan wilayah Maba Selatan bisa terhindar dari ancaman-ancaman pembunuhan,” kata ketua Pemuda Maba Selatan, Rusmin Hasan.

Sementara itu, Camat Maba Selatan, Mochtar Hi. Muhammad, mengatakan dukungannya terhadap semua keputusan yang disepakati masyarakat, pemuda dan mahasiswa Mabsel. Sebab menurutnya, pemerintah kecamatan selalu mendukung setiap upaya untuk menciptakan keamanan yang kondusif di wilayah yang dipimpinnya.

“Tidak hanya dukungan moril, bantuan berupa tenaga maupun materi juga akan diberikan jika memang dibutuhkan,” tuntasnya. (din)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close