KORIDOR

Miras dan Kasus Papua Jadi Topik di FGD Desa Aru Irian

MOROTAI, DETEKSI NEWS.com – Satuan Bimbingan Masyarakat (Binmas) Polres Pulau Morotai bersama Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Reskrim, menggelar Forum Grup Diskusi (FGD) di Desa Aru Irian, Kecamatan Morotai Selatan Barat Rabu (4/8). Kegiatan yang ikut mengahadirkan kepala desa, perangkat desa dan masyarakat itu mengangkat isu keamanan, terutama bahaya penggunaan minuman keras (miras), judi dan isu demo rusuh di Papua.

Kasat Binmas Polres Morotai, AKP. Samsuddin dalam arahannya mengatakan, pihaknya sengaja mengangkat tema tentang bahaya miras, mengingat pengaruh miras dapat memicu berbagai tindak kejahatan seperti kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), lakalantas, pemerkosaan, bahkan perkelahian yang berujung pada pembunuhan.

“Banyak sekali tindak pidana terjadi karena pelakunya sudah mengkonsumsi miras. Maka untuk itu, sudah menjadi konsen dari aparat kepolisian maupun pemerintah daerah, dalam memerangi peredaran barang memabukkan ini. Meski demikian, peran masyarakat sangat diperlukan untuk memberikan informasi mengenai keberadaan peredaran miras di wilayah masing-masing,” kata AKP Samsudin.

Di sisi lain, AKP Syamsudin juga mengingatkan masyarakat agar tidak terpengaruh dengan isu demo rusuh di Provinsi Papua yang sedang marak saat ini. Sebab menurutnya, tidak semua isu yang muncul di media sosial, memiliki tingkat kebenaran yang dapat dipertangungjawabkan.

“Masyarakat tidak boleh langsung percaya terhadap informasi yang tidak jelas sumbernya, yang dibagikan melalui media sosial Facebook. Apalagi Desa Au Irian ini sebagai besa penduduknya berasal dari Papua,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Aru Irian, Darwin Tuanger, menyatakan dukungannya terhadap kegiatan FGD yang dilaksanakan Satuan Binmas Polres Morotai. Lewat forum ini, Dariwin berharap Desa Aru Irian bisa menjadi desa bersih, bersih lingkungan dan bersih dari tindak kriminal. (von)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close