EKONOMI

Pabrik Tahu di Desa Bumi Restu Diduga tak Kantongi Izin

MABA, DETEKSINEWS.com – Keberadaan pabrik tahu di Desa Bumi Restu, Kecamatan Wasile, Halmahera Timur, menimbulkan kegelisahan di kalangan masyarakat, karena diduga tidak memiliki izin, baik izin usaha maupun izin lingkungan. Akibatnya pengelolaan limbah di pabrik itu, dikhawatirkan dapat mencemari lingkungan, dan akhirnya bisa menjadi sarang berbagai penyakit.

Hendra, salah satu warga setempat menyampaikan keluhannya karena melihat limbah pabrik tahu tidak ditampung dalam satu wadah, namun dibuang begitu saja.

“Pabrik tahun seperti ini harusnya memiliki Instalasi Pengolahan Limbah (Ipal) sendiri, sehingga limbah hasil pembuatan tahu tidak dibuang begitu saja, yang akhirnya akan berdampak pada masyarakat sekitar,” kata Hendra.

Ia juga mencurigai aktivitas pabrik ini tidak dilengkapi dengan surat izin usaha maupun izin lingkungan. Belum lagi, tidak adanya penampung khusus limbah menunjukkan jika pabrik ini tidak memiliki Ipal.

Saat dikonfirmasi, pemiliki pabrik tahu Desa Bumi Restu, Tekat, juga mengakui tidak memiliki izin terhadap usahanya itu.

“Kami minta pemerintah agar ikut memperhatikan warga yang telah membangun usaha,” katanya santai. (din)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close