HALMAHERA

Perangkat Desa Jadi Sasaran Sosialisasi Saber Pungli Morotai

MOROTAI, DETEKSINEWS.com – Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Pulau Morotai, terus menggalakkan sosialisasi praktek pungutan liar dengan menyasar aparat perangkat desa di wilayah Pulau Morotai. Pasalnya, seluruh perangkat desa, mulai dari kepala desa sampai aparat terbawah menjadi ujung tombak pelayanan publik, sehingga perlu diperkuat agar tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan masyarakat.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Saber Pungli Pulau Morotai, yang juga sebagai Waka Polres Morotai, Kompol dr. Dedi Wijayanto, Kamis (12/09). Menurutnya, sosialisasi akan terus dilaksanakan tiap bulan hingga di lima kecamatan di Pulau Morotai. Dan rencananya pada tanggal 17 September, akan digelar sosialisasi di kecamatan Morotai Selatan Barat.

“Saat ini kami dalam tahapan memantau dan sosialisasi dulu untuk memberikan peringatan agar tidak ada pungli. Dan jika ada laporan atau temuan langsung maka akan diproses juga,” kata Waka Polres.

Saat ini kata Waka Polres, pihaknya masih memfokuskan sosialisasi ke tingkat desa, karena pertimbangan pelayanan publik. Jika seluruh kecamatan sudah terjangkau, maka Tiz Sabel Pungli selanjutnya akan bersosialisasi ke dinas-dinas terkait, yang berhubungan dengan pelayan publik.

“Kami sudah komitmen akan menindak siapapun yang terbukti melakukan pungli, baik itu ASN, TNI maupun Polri. Harapan kami tentunya tidak ada lagi pungutan yang dilakukan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kalaupun ada, harus jelas aturan hukumnya, sehingga uang itu masuk ke kas negara atau daerah sebagai pendapatan,” pungkasnya. (von)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close