HALMAHERA

Sambut HUT TNI, Pemkab Morotai Gelar Penghijauan Hortikultura

MOROTAI, DETEKSINEWS.com – Dalam rangka menyambut HUT TNI ke 74, Pemkab Pulau Morotai melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan bekerjasama dengan Kodim 1508 Tobelo-Morotai, akan menggelar penghijauan hortikultura pada 25 September ini. Kegiatan tersebut akan dipusatkan di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Morotai Selatan, Morotai Selatan Barat dan Morotai Timur, dengan jumlah bibit sebanyak 3780 bibit.

Dan untuk memantapkan persiapan pelaksanaan kegiatan itu, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Morotai, M. Rizal ismail, menggelar pertemuan dengan sejumlah pihak, seperti Kadis Pemberdayaan masyarakat Desa (PMD), Alexander Wermasubun, Kadis Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Muslim, Camat Morotai Timur, Syahril Umasugi, Camat morotai Selatan, Darmin Djaguna, Serka Melki, mewakiki Danstagas Kodim Persiapan Morotai, serta Pelda Yusril Noho, Mewakili Danramil Daruba.

Dalam pertemuan itu, M Rizal Ismail menyampaikan, Bupati Pulau Morotai, Benny Laos awalnya menghendaki agar penanaman ini dilakukan di perkebunan warga. Namun karena pertimbangan kendala air serta masih berlangsungnya musim kemarau, maka penanaman bibit sebagian besar dilakukan di pekarangan rumah warga. Dan penanaman secara simbolik akan dilakukan oleh Bupati di Desa Totodoku.

“Untuk daftar desa yang masuk dalam rencana kegiatan gerakan tanam serempak, yakni Desa Joubela, Totodoku, dan Falila di Morotai Selatan. Desa Sambiki Baru, Sambiki, Gamlamo, Sangowo, Sangowo Barat, Sangowo Timur, Desa Rahmat, Desa Mira, Doku Mira, Wewemo, Gosoma Maluku, Buho Buho, dan Desa Seseli Jaya di Morotai Timur. Sedangkan di Kecamatan Morotai Selatan Barat meliputi Desa Wayabula dan Bobula,” kata M. Rizal Ismail.

Dalam kesempatan yang sama, Kadis PMD Morotai, Alexander Wermasubun, mengaku kerja sama Pemda Morotai dan Kodim 1508 Tobelo/Morotai sangat baik, karena disamping memperingati HUT TNI ke-74 juga dapat memperkokoh kebersamaan antara Pemda dan TNI. Untuk itu, Camat dan Kades sangat diharapakan dapat mensosialisasikan kegiatan ini, agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari program pemerintahan yaitu Green City, atau program penghijauan di Pulau Morotai. Penghijauan yang dilakukan ini harus disesuaikan dengan kondisi iklim Morotai yang kita kenal bersuhu panas. (von)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close