PRESS RELEASE

Pelajar di Desa Kawasi Peringati Hari Pahlawan

MABA, DETEKSINEWS.com – Pelajar di Desa Kawasi, Kabupaten Halmahera Timur, memperingati Hari Pahlawan dengan menggelar sejumlah lomba, seperti lomba kostum, puisi, pidato, kuliner, bercerita, cerdas cermat, dan juga tari daerah. Para pelajar tersebut berasal dari SMPS Loji Permai dan SMAS Tunas Muda Kecamatan Obi, Kabupaten Halmahera Selatan.

Peserta dengan kostum Sultan Hasanudin dan Cut Nyak Dien

Kegiatan yang berlangsung pada 11-12 November 2019 itu merupakan salah satu bentuk School Development Program (SDP) yang dilakukan Harita Nickel Division. Melalui acara ini, pelajar diajak untuk mempelajari sejarah dengan cara-cara yang menyenangkan. Jika biasanya pelajar mengetahui tokoh-tokoh pahlawan dari gambar di buku-buku, berbeda halnya dengan kegiatan ini. Para pelajar memerankan langsung gaya penampilan para pahlawan sehingga dapat mengenalnya lebih dekat.

Beberapa nama pahlawan terkenal diperankan dengan baik oleh para pelajar di lomba kostum ini. Perwakilan kelas VIII SMPS Loji Permai misalnya, terinspirasi oleh Pahlawan dari Maluku Kapiten Pattimura dan tokoh emansipasi dari Jawa Tengah R.A Kartini. Sementara itu perwakilan Kelas X SMAS Tunas Muda memilih menjadi Sultan Hasanuddin dan Cut Nyak Dien.

Seorang guru bernama Stevi mengatakan, kegiatan lomba kostum ini sangat baik bagi para pelajar.

“Melalui kegiatan ini anak-anak dapat lebih mengenal jasa para pahlawan Indonesia. Ditambah lagi dengan lomba lain seperti tarian daerah, puisi, pidato, dan sebagainya,” ungkap Stevi.

Sementara itu, guru lainnya yang bernama Bernike juga menilai positif acara ini.
“Siswa sangat senang dan antusias dalam mengikuti berbagai lomba yang diadakan,” jelasnya.

Peserta dengan kostum Kapitan Pattimura dan RA Kartini

Ragam lomba yang diadakan pada peringatan Hari Pahlawan ini senantiasa memiliki tema terkait perjuangan para pahlawan. Andriyani Syamsi misalnya, pelajar kelas VII SMPS Loji Permai itu membacakan puisi berjudul “Perjuangan 28 Oktober” pada perlombaan puisi yang dia ikuti. Ada pula Astrid, pelajar kelas XII SMAS Tunas Muda yang mengikuti lomba orasi dengan tema yang dia bawakan yaitu “Pemuda Milenial, Mari Bergerak”. Astrid hendak membangkitkan semangat para pemuda pada peringatan Hari Pahlawan ini.

Deputy Head of Corporate Social Responsibility (CSR) and External Relation Harita Nickel Division, Alexander Lieman, menilai peringatan Hari Pahlawan ini penting dilakukan.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan menghormati jasa pahlawan-pahlawannya. Saya berharap dengan kegiatan ini kita semua bisa memupuk sikap tersebut ke dalam generasi penerus bangsa ini. Di hari pahlawan ini kami bersama para guru dan murid-murid pun juga mau bersama berjuang membakar semangat nasionalisme,” ungkapnya.

Peserta lomba baca Puisi

Para peserta terlihat bersemangat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Dalam perlombaan ini, hadiah bukanlah satu-satunya yang mereka cari, melainkan semangat untuk meneladan para pahlawan bangsa Indonesia. Kegiatan ini pun berjalan lancar dan berkesan berkat dukungan yang baik dari para guru dan pengurus OSIS. (Divisi Media Harita Nickel Division/eko)

Show More

Azwar EKO

Penulis Nomor Register Kompetensi Dewan Pers: 3015-PWI/WU/DP/VI/2012/18/10/79 (Wartawan Utama)

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close