EKONOMI

Rivai Umar Soroti Problem Ekonomi Ternate

TERNATE, DETEKSINEWS.com – Bakal calon (Balon) Walikota Ternate, DR. Rivai Umar, menyoroti persoalan perekonomian di Kota Ternate yang dinilainya belum mampu menyejahterakan masyarakat. Padahal dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi dibanding nasional, harusnya pertumbuhan tersebut bisa berdampak bagi masyarakat.

Untuk itu ke depan kata Rivai, Pemkot Ternate perlu ada terobosan baru dengan menciptakan kesempatan kerja yang lebih banyak lagi, melakukan pelatihan-pelatihan bagi wirausahawan baru, mempermudah akses perbankan, serta mengembangkan sektor riil.

“Intinya adalah perlu ada pemerataan, sehingga pertumbuhan ekonomi yang tinggi bisa sejalan dengan kondisi masyarakat. Untuk itu, visi kami ke depan yakni menjadikan masyarakat Ternate yang cerdas. Cerdas artinya mampu intropeksi diri, mampu mengukur diri dan mampu memprediksi masa depan,” kata Rivai Umar, saat menggelar jumpa pers di kediamannya di Kelurahan Jati, Sabtu (30/11).

Rivai menjelaskan, jumlah sekolah-sekolah di Kota Ternate sudah cukup banyak, namun sayangnya belum mampu menghasilkan orang yang bisa memenuhi kebutuhan usaha. Kalaupun ada jumlahnya masih sangat minim, dan hanya berkisar di angka satu atau dua persen saja.

“Sesuai data yang ada, jumlah pengangguran di Ternate masih cukup besar. Ini imbas dari pendidikan yang hanya mengandalkan pendidikan formal saja, tapi tidak diimbangi dengan pelatihan-pelatihan. Saya bercita-cita ingin menciptakan 20 ribu kesempatan kerja. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi yang dicapai tidak hanya angkanya yang besar, tapi manfaatnya buat masyarakat,” ucap Rivai.

Sebagai orang yang memiliki basic pendidikan ekonomi, Rivai mengaku sangat paham dengan realitas ekonomi Ternate dan dampaknya terhadap kesejahteraan masyarakat. Menurutnya, salah satu kekurangan pemerintah saat ini adalah ketidakmampuan dalam menggerakkan sektor riil. (eko)

Show More

Azwar EKO

Penulis Nomor Register Kompetensi Dewan Pers: 3015-PWI/WU/DP/VI/2012/18/10/79 (Wartawan Utama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close