HALMAHERA

Bupati Taliabu Diminta Evaluasi Kepala BPKAD dan Kadis PMD

TALIABU,DETEKSINEWS.com – Fraksi Pembaruan DPRD Pulau Taliabu (Pultab) meminta Bupati Taliabu, H. Aliong Mus, ST, agar mengevaluasi Kepala BPPKAD, H. Irwan Mansur, dan Kadis PMD, Mansur Mudo, karena diduga memperlambat pencairan Dana Desa tahap lll dan ADD tahap ll tahun 2019.

Menurut Sekretaris Fraksi Pembaruan DPRD Pulau Taliabu, Sukardinan Budaya, proses pencairan DD dan ADD sampai saat ini belum ada kejelasan. Akibatnya, masih banyak pekerjaan tertunda di desa yang belum bisa diselesaikan. Sementara tahun anggaran 2019 tidak lama lagi akan segera berakhir.

“Perlu keseriusan dari BPPKAD dan Dinas PMD untuk segera memproses pencarian anggaran. Maka untuk itu kami minta agar Bupati mengevaluasi kinerja bawahannya ini yang kami duga sengaja memperlambat proses pencairan,” kata Sukardinan, Selasa (10/12).

Menurutnya, adanya keterlambatan pencairan DD dan ADD ini, sangat mempengaruhi laporan akhir anggaran 2019. Sebab DD 2019 disalurkan melalui tiga tahap yakni tahap l sebesar 20 persen, tahap ll sebesar 40 persen dan tahap lll sebesar 40 persen.

“Kami juga minta penegak hukum untuk segera melakukan penyelidikan terkait dengan informasi yang berkembang, bahwa ada oknum ASN dari BPPKAD yang meminta jatah untuk setiap pencairan. Saya harap agar penegak hukum dan APIP melakukan penyilidikan. Dan apabila ditemukan ada ASN yang sengaja meminta jatah, saya minta agar oknum tersebut diberikan sanksi lebih keras yaitu pemecatan dari Aparatur Sipil Negara, karena ini merupakan perbuatan yang melanggar hukum,” tuntasnya. (ajp)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close