DARI KAMPUNG

Camat Malifut Didesak Ganti Uang Pribadi Mantan Camat

TOBELO, DETEKSINEWS.com – Mantan Camat Malifut Abdul Muis Andi mempertanyakan dana pribadinya sebanyak 20 juta yang digunakan untuk membiayai kegiatan lomba PKK dan Desa tahun 2019, yang dipakai Kantor Camat Malifut, Kabupaten Halmahera Utara. Sebab, hingga saat ini belum dikembalikan oleh Camat Malifut Abubakar Soleman.

Abdul Muis Andi kepada media ini mengatakan, lomba PKK Kecamatan Malifut meraih juara 1 dan juara 2 pada lomba desa tingkat Kabupaten dengan mengunakan anggaran pribadinya sebesar 20 juta rupiah yang saat itu masih menjabat sebagai Camat aktif.

“Dana kegiatan tersebut melekat pada 10 persen dana Kecematan dari PT. NHM untuk 5 kecamatan, untuk kecamatan malifut  mendapat 770 juta dengan harapan apabila sudah keluar akan diganti. Padahal, ketika anggaran tersebut cair tidak juga diganti,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, bahwa persoalan dana pribadinya 20 juta yang belum di ganti Camat aktif Abubakar Soleman, sudah ada pertemuan dengan Sekda dan Kaban Keuangan Halut dan menurut Kaban Keuangan dana tersebut sudah di cairkan oleh Camat pada 30 Oktober 2019 lalu.

“Anggaran itu sudah di cairkan oleh camat pada 30 oktober 2019 lalu, tapi sampai sekarang belum di realisasi oleh camat, dan saat saya tanya bendahara, menurut Bendahara dana tersebut sudah di cairkan tapi camat tidak mau berikan,” jelas Abdul Muis di ruang kerjanya, Rabu (18/12/2019).

Mantan camat malifut menambahakan, dirinya mengaku heran karena dana 10 persen dari NHM itu kan bukan pribadi Camat jadi bisa diganti uang pribadinya yang saat itu harus menyiasati supaya kegiatan PKK bisa berjalan dengan baik.

“Lucunya, kenapa camat tidak mau menganti uang saya, itu kan dipakai untuk kegiatan kecamatan dan dana 10 persen dari PT. NHM sudah keluar, kenapa camat tidak mau ganti, bendahara kecamatan saat saya tanyakan ia mengatakan dana sudah ada tapi camat bilang dia tidak mau ganti uang 20 juta tersebut, bahkan pencairan dana tersebut camat juga harus sembunyi-sembunyi dari masyarakat malifut.” Tutupnya. (red)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close