ETALASE

Polda Malut Bakal Periksa Bupati Hendrata Theis

TERNATE, DETEKSINEWS.com – Bupati Kepulauan Sula (Kepsul), Hendrata Thes dalam waktu dekat bakal diperiksa oleh tim penyidik Direktorat reserse kriminal khsusus (Ditreskrimsus) Polda Maluku Utara (Malut) atas dugaan keterlibatan dugaan korupsi proyek peningkatan jalan Desa Manaf-Wainib, Kabupaten Kepulauan Sula tahun anggaran 2018 sebesar Rp 1.485.082.797.

Direskrimsus Polda Malut, AKBP. Alfis Suhaili mengatakan,tim penyidik masih menunggu hasil audit BPKP untuk mengetahui berapa jumlah kerugian atas proyek tersebut. Sebab, permintaan Audit ke BPKP sejak bulan November 2019  tinggal menunggu surat balasan dari BPKP tersebut.

“Rencana pemeriksaan Bupati Sula itu memang ada. Namun nanti dilihat pada konstruksi hukum apakah orang nomor satu itu perlu diperiksa untuk mengambil keterangan ataukah seperti apa,” kata Alfis, Sabtu (21/12).

Alfis menambahkan, Intinya jika sudah ada audit BPKP maka dilanjutkan dengan pemeriksaan tambahan pihak terkait termasuk Bupati Sula,  dalam kasus ini sudah banyak pihak yang dimintai keterangan. Untuk itu, publik diharapkan bersabar agar kasus ini diungkap secara terang. “Percayakan kepada kami, berikan waktu untuk menyelesaikan,”akunya

Meski demkian, ditanya hasil pemeriksaan sejumlah pihak apakah mengarah ke orang nomor satu di pemkab sula dalam hal ini bupati, namun Perwira dua bunga itu menampik dan menjawab masih dalam proses. “Tim akan simpulkan setelah semua alat bukti lengkap. Soal peningkatan status tergantung pada alat bukti,”cetus Alfis.

Di ketahui, kasus peningkatan jalan Desa Manaf-Desa Wainib dilaporkan ke secara resmi ke Polda Malut sejak tanggal 4 Maret 2019 dengan nomor : Li/02/III/2019/Ditreskrimsus.

Proyek tersebut panjanganya kurang lebih 6,20 km melalui swakelola tahun 2018 sesuai dengan surat keputusan nomor : 760/ll.a/KPTS/DPUPRPKP KS/II/2018 tanggal 02 Maret 2018 sebesar Rp. 1.485.082.797. (red)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close