LIPUTAN UTAMA

Rembesan Minyak Bumi Muncul Dirumah Warga Desa Pasipalele

LABUHA, Liputanmalut.com- Warga Desa Pasipalele Kecamatan Gane Barat Selatan belum lama ini dikejutkan dengan munculnya rembesan minyak bumi alias minyak tanah. Padahal, sudah puluhan tahun desa tersebut belum pernah ada kejadian seperti itu.

Diketahui, munculnya rembesan minyak bumi merupakan salah satu indikasi adanya terdapat minyak bumi pada wilayah selatan Halmahera. Hal tersebut berdasarkan hasil survey yang dilakukan pada hari minggu (2 februari 2020), rembesan terjadi pada lingkungan rumah salah seorang warga Pasipalele, Nelson.

Kadis PUPR Halsel, Ali Dano Hasan kepada Redaksi Liputanmalut.com mengatakan, pihaknya mendapat informasi dari warga di desa tersebut bahwa rembesan muncul setelah adanya gempa bumi yang baru-baru ini terjadi di Maluku Utara dan pihaknya langsung turun ke desa tersebut.

“Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan, rembesan minyak yang keluar diperkirakan termasuk jenis sweet oil, dengan ciri berwarna cenderung lebih terang serta lebih encer yang muncul pada endapan lepas berukuran pasir-kerikil,”tandasnya

Kadis PUPR, Ali Dano Hasan bersama Tim survey saat dilokasi munculnya rembesan minyak bumi (Foto Redaksi Liputan Malut)

Menurutnya, dugaan sementara, rembesan tersebut muncul ke permukaan melalui bidang lemah/rekahan yang terbentuk oleh aktivitas gempa bumi dan fenomena tersebut merupakan salah satu manifestasi atau indikasi adanya hidrokarbon pada wilayah selatan Halmahera.

“Akan tetapi diperlukan tenaga ahli untuk melakukan penelitian lebih lanjut terutama survey geologi, geofisika serta analisis laboratorium untuk memastikan dan menjelaskan secara lebih detail kejadian fenomena tersebut dan hubungannya terkait potensi hidrokarbon diwilayah Halmahera Selatan. Kita juga akan kordinasi dengan BP Migas dan Geologi utk bisa mengambil kesimpulan,”pungkasnya (Red)

Show More

Deteksi News

DETEKSI NEWS - Menggelorakan Optimisme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close