LIPUTAN HALSEL

Terlibat Kampanye Petahana, Tiga Kadis Di Periksa Bawaslu Halsel

LABUHA, Liputanmalut.com- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) telah memeriksa tiga Kepala Dinas ((Kadis) dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, Selasa (19/02/2020). Sebab, ketiga pejabat tersebut melakukan pelanggaran netralitas ASN karena mengkampanyekan calon petahana, Bahrain Kasuba.

Diketahui, ketiga pejabat tersebut bersama sejumlah ASN lainnya mengkampanyekan calon Bupati yang juga petahana saat mengikuti kunjungan kerja Bupati Bahrain Kasuba ke Desa Soasangaji, Kecamatan Obi Barat, Sabtu (15/02/2020). Dalam video singkat yang beredar, para ASN tersebut mengajak masyarakat untuk memberikan dukungan politik pada Bupati yang juga petahana Bahrain Kasuba.

Kordiv HPP Bawaslu Kabupaten Halsel, Asman Jamel saat dikonfirmasi Liputanmalut.com via WhatsApp, Selasa (18/02/2020) membenarkan proses pemanggilan dan pemeriksaan tiga pejabat dilingkup Pemkab Halsel

“Iya untuk hari ini, baru 3 Kadis yg di priksa yakni Kadis infokom, Ardiani Radjiloen, Kadisnakertrans, Fahri Nahar dan Kadis Pemberdayaan perempuan dan KB, Aisyah Badaruni. Sementara 4 pejabat lainnya akan diperiksa besok, Rabu (19/02/2020),”tandasnya

Lanjut Asman, soal pelanggaran itu sudah diatur dalam ketentuan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Aparatur Sipil Negara (ASN). Kemudian, sesuai pasal 2 huruf (f), setiap ASN tidak berpihak dari segala pengaruh manapun dan tidak memihak kepada siapapun dan pada pasal 9 ayat 2 UU, ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik.

“Jadi, mereka dipanggil untuk dimintai klarifikasi dugaan keterlibatan dalam politik praktis. Pastinya, kami dari Bawaslu Halsel akan mengawal dan melakukan pemeriksaan terkait dengan pelanggan yang dilakukan ASN tersebut,”pungkas Asman mengahiri. (Red)

Show More

Deteksi News

DETEKSI NEWS - Menggelorakan Optimisme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close