INFO COVID 19

SOP Penanganan Covid-19 di Morotai Naik Satu Level

Bupati Morotai, Benny Laos, meninjau penginapan-penginapan yang menjadi tempat karantina masyarakat yangg baru datang dari luar daerah

MOROTAI, Koridor Malut – Bupati Pulau Morotai, Benny Laos, mengambil langkah cepat dalam pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) di wilayah Morotai, dengan menetapkan status darurat pencegahan bencana non alam. Selain itu, bupati juga menginstruksikan jajarannya untuk menaikkan standar protokol satu level dari protokol ketentuan umum.

Sesuai rilis yang diterima redaksi Koridor Malut, Pemda Morotai saat ini sudah menyiapkan berbagai langkah pencegahan, seperti penyemprotan cairan desinfektan secara serentak di seluruh areal publk dan rumah-rumah di wilayah Pulau Morotai tanggal 24 Maret 2020, melakukan pengawasan dan pemantauan di pintu masuk dalam bentuk screnning terhadap kedatangan dan keberangkatan penumpang di Bandara Leo Wattimena, pelabuhan penyeberangan, pelabuhan laut dan pelabuhan rakyat.

Pemda juga menyiapkan langkah untuk melaksanakan karantina terhadap masyarakat yang masuk ke Pulau Morotai, dengan ketentuan karantina bagi warga dalam keadaan sehat selama 7 hingga 14 hari, karantina bagi yang terindikasi sebagai orang dalam pemantauan (ODP) di RSUD Morotai selama 14 hari, serta evakuasi pasien dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) keluar dari Morotai ke Rumah Sakit rujukan.

Selanjutnya, Pemda Morotai juga menghimbau masyarakat agar menaati protokol kesehatan, seperti menjauhi kerumuman, menghindari sentuhan maupun berdekatan dengan orang lain, menjaga jarak dalam komunikasi atau lebih banyak tinggal di rumah, sering cuci tangan atau pola hidup bersih, menjaga kesehatan dengan berolah raga teratur dan istrirah yang cukup, konsumsi makanan bergizi dan tepat waktu, menutup mulut saat bersin/batu dengan sapu tangan atau tisu.

“Mari kita bersama mendoakan Indonesia, Maluku Utara dan Morotai supaya cepat terbebas dari dari virus corona. Jika ada muncul gejala, tolong dilaporkan kepada Satgas, Saudara dokter Toni, Nomor HP. 0853-3501-6777,” kata Bupati dalam rilis tersebut. (aty)

Show More

Deteksi News

DETEKSI NEWS - Menggelorakan Optimisme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close