KOTA TERNATE

Sopir dan Tukang Ojek Tuntut Perhatian Pemkot

TERNATE, Koridor Malut – Pemerintah Kota Ternate hingga kini belum memberikan bantuan apapun kepada masyarakat, kaitan dengan penanganan Corona Virus Diseas 2019 (Covid-19). Padahal di daerah lain, sejumlah daerah sudah memberikan bantuan rutin kepada warga, baik sembako maupun peralatan kesehatan. Hal itu yang membuat kecewa sebagian masyarakat, khususnya yang berprofesi sebagai sopir dan tukang ojek.

Salah satu sopir angkot Kota Ternate, Sahroni mengatakan, anjuran pemerintah untuk tetap berada di rumah sangat bagus dalam upaya pencegahan penularan virus corona. Namun demikian, pemerintah juga harus meningmbanginya dengan kebijakan lain, yang bisa dirasakan manfaatnya oleh pekerja harian, seperti sopir angkot dan tukang ojek.

“Kalau PNS tidak masalah, tiap bulan mereka tetap terima gaji. Kami yang bekerja harian ini yang justru terbebani. Sebab kalau tidak turun kerja, tidak dapat penghasilan. Masalah ini yang harusnya dibaca oleh pemerintah kota,” kata Sahroni.

Hal yang sama dikatakan Irwan, tukang ojek yang mangkal di depan Jatiland Mall. Menurutnya, kebijakan menjaga jarak dan tetap di rumah sangat mempengaruhi pendapatan ojek. Jika sebelumnya, pendapatan ojek bisa mencapai 200 ribu, sekarang ini katanya sudah menurun jauh.

“Kalau pemerintah tanya saya, apakah mau mancari atau tetap di rumah, saya lebih memilih di rumah saja. Karena selain untuk mengamankan diri agar tidak terjangkit virus corona, pendapatan ojek sekarang juga sangat parah. Tapi bagaimana dengan kebutuhan hidup saya, istri dan anak-anak di rumah? siapa yang mau tanggung? Apalagi pemerintah kota sekarang masih diam saja dan terkesan tidak peduli dengan penderitaan kami,” tandasnya.

Menurutnya, sejak ada aturan tetap di rumah, pendapatan ojek hanya berkisar di angka 50.000 sampai 60.000. Jika dikurangi beli bensin, sisanya itu sangat sulit dipakai untuk makan. (***)

Show More

Deteksi News

DETEKSI NEWS - Menggelorakan Optimisme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close