HALMAHERA

Bantuan Tahap Dua Segera Dibagikan, Pemkab Morotai Siapkan 168.800 Kg Beras

MOROTAI, Monitor Malut – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai, dalam waktu dekat ini akan membagikan bantuan tahap dua ke rumah-rumah penduduk yang tersebar di 88 desa, kecuali rumah pejabat dan pengusaha. Untuk tahap ini, pemkab menyiapkan beras dan gula dengan jumlah masing-masing sebanyak 168.800 kg. Rencananya bantuan ini akan diserahkan menjelang bulan ramadhan.

Kepala Dinas Sosial Pulau Morotai, Tamrin Fabanyo, ketika dikonfirmasi Senin (13/4), menjelaskan ada peningkatan jumlah penerima tahap dua dibanding sebelumnya. Jika pada tahap satu jumlah penerima sebanyak 13.781 rumah, tahap ini angkanya sudah mencapai 18.880 rumah, atau terjadi peningkatan sebanyak 3009 rumah.

“Datanya sudah diteliti, sehingga tidak ada lagi rumah yang berhak menerima bantuan yang terlewati.  Pada tahap pertama, ada yang terlewati karena sistem pembagiannya menggunakan penomoran rumah. Padahal, sebagian besar rumah penduduk belum memiliki nomor rumah,” kata Tamrin yang baru beberapa hari dilantik menggantikan Ansar Tibu.

Menurutnya, saat ini semua kekurangan sebelumnya sudah dievaluasi, termasuk OPD yang mempunyai desa binaan juga telah memasukkan data jumlah seluruh rumah yang berhak menerima bantuan sembako dari Pemda.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial, Supriyanti Djaelani menyampaikan, untuk tahap dua ini, ada perubahan warga penerima bantuan. Jika sebelumnya bantuan hanya diberikan lewat rumah warga, sekarang katanya warga yang sudah berkeluarga dan tinggal di kos-kosan ngekos juga berhak mendapat bantuan.

“Paket bantuan yang diberikan terdiri dari, 10 kilogram beras, satu rak telur ayam buat lansia, susu satu kaleng, susu bayi, kopi, gula 1 kilo, teh, minyak goreng satu liter dan sabun mandi,” jelasnya. (***)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close