INFO COVID 19

Reaktif Hasil Rapid Test, 9 ODP Dirujuk ke Ternate

Speed Boat pemda Morotai disiapkan untuk membawa 9 warga rujukan ke Ternate

MOROTAI, Koridor Malut – Satgas Covid-19 Pulau Morotai kembali merujuk sembilan warganya ke RSUD Chasan Boesoirie. Kesembilan orang ini sedang menjalani masa karantina dengan status orang dalam pemantauan (ODP). Namun hasil rapid test menunjukkan reaktif, sehingga perlu dilakukan penanganan lebih lanjut di RS rujukan. Mereka sudah diberangkatkan ke Ternate, Jumat (01/05) pagi, menggunakan Speed Boat milik Pemda Morotai.

Dengan demikian, Satgas Covid-19 Morotai telah merujuk 14 orang warga ke Ternate. Sebelumnya, lima orang santri juga telah dirujuk ke Ternate, dan empat diantaranya sudah dinyatakan positif Covid-19.

Lima santri turun dari mobil ambulance dan menuju pelabuhan speed Daruba

Juru bicara Satgas Covid-19 Pulau Morotai, dr Tony, saat dikonfirmasi, pada Jum’at pagi, menjelaskan kesembilan warga ini sedang menjalani masa karantina karena memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah. Lima dari sembilan warga tersebut merupakan santri di Tasikmalaya, Jawa Barat, dan merupakan teman dari lima pasien sebelumnya sudah dirujuk ke Ternate. Sisanya, tiga orang dengan riwayat perjalanan dari Manado dan satu lagi dari Ternate.

“Saya mau sampaikan bahwa, seluruh ODP reaktif hasil Rapid Test, memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah, bukan hasil transmisi lokal. Jadi masyarakat kami himbau tidak perlu takut atau panik, tapi harus tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai imbauan pemerintah,” katanya.

Menurutnya, dari sisi kesehatan, sembilan warga ini sudah sehat dan siap dipulangkan. Namun menjelang pemulangan, petugas medis kembali melakukan rapid test, dan hasil kali ini menunjukkan hasil berbeda dari sebelumnya yang non reaktif menjadi reaktif.

Karena hasil rapidtes sebelumnya non reaktif. Hanya menjelang mereka siap dipulangkan kerumah masing masing, setiap pasien kembali jalani rapidtes oleh tim medis dan hasilnya reaktif. Sehingga Satgas memutuskan untuk merujuk sembilan warga ke Ternate, untuk dilakukan swab test.

“Sesuai protokul kesehatan, pasien ini tetap didampingi dokter dan perawat. Kita berharap mudah-mudahan saudara-saudara kita ini negatif Covid-19,” tuntasnya. (aty)

Show More

Deteksi News

DETEKSI NEWS - Menggelorakan Optimisme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close