MOROTAI

Bupati Hadiri Panen Padi di Desa Aha

MOROTAI, Koridor Malut – Bupati Pulau Morotai, Benny Laos, menghadiri panen padi di Desa Aha, Kecamatan Morotai Selatan, oleh beberapa kelompok tani di wilayah tersebut, Selasa (5/5). Suasana panen berbeda dari biasanya, karena dilakukan di saat pandemi Corona Virus Diseas 2019 (Covid-19) masih melanda daerah ini.

Dalam sambutannya bupati mengatakan, jumlah panen saat ini sedikit menurut di banding tahun sebelumnya. Hal itu terjadi karena ada petani yang tidak mengikuti SOP  bertanam padi yang baik dan benar. Akibatnya, ada petani yang hanya memanen padi sebanyak empat ton per hakter. Dan ada pula petani yang memanen hingga enam sampai delapan ton.

“Kalau petani mengikuti SOP yang diarahkan pendamping, saya yakin tidak akan terjadi penurunan. Tapi dengan melihat kondisi yang ada, saya yakin ke depan produksi padi kita akan meningkat, yang penting kita konsisten. Bahkan Morotai bisa surplus dan bisa jual secara besar-besaran keluar daerah,” kata Benny.

Bupati lantas menyampaikan, dalam upaya meningkatkan produksi padi di Morotai, pemerintah sedang melakukan pembenahan sumber air dan saluran irigasi. Tahun ini, jaringan dan sumber air terus dibuat dengan target bisa mengaliri 1200 hektar sawah di tahun 2022.

Sementara itu, ketua Poktan Tegar, Siri Ceba, mengatakan, petani di Desa Aha optimis hasil panen ini cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup saat menghadapi bencana ini.

“Kami membuka ruang bagi siapa saja yang ingin membeli beras hasil panen dari sawah Desa Aha, dengan harga 10 sampai 13 ribu per kilogaram,” katanya. (***)

Show More

Deteksi News

DETEKSI NEWS - Menggelorakan Optimisme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close