MONITOR UTAMA

Akal Sehat Dibalik Covid- 19

Oleh : Sawaludin Damopolii (Salud)

Monitor Malut– Seketika mewabah dan WHO melegitimasikan C-19 sebagai pandemi, stigma sosial kemasyarakatan pun berubah. Corona kemudian mengiris prilaku orang menjadi individualistik dan subjektif.

Apalagi media mainstreem memblowup habis2an kekejaman Corona. Opini ini kemudian membekukan rasionalitas akal. Setiap informasi dan suguhan visual C-19 ditelan mentah2 tanpa penelitian atau penyaringan logika.

Ilmu kedokteran pun seakan tak bisa menjama ruang keilmuannya lantaran penggiringan opini C 19, yang tampil bak Algojo pencabut nyawa. Dengan demikian, nyatalah kedasyatan opini merubah rasionalitas menjadi subjektifitas.

Pemakaman mayat pasien covid 19 pun mendapat penolakan serius oleh kerabat dan warganya sendiri. Stigma tak mendasar ini kemudian merambah luas dan merubah prilaku dan tatanan kemanusiaan.

Padahal korban yang meninggal bukan murni virus corona. Rata2 mereka yang meninggal karena memiliki riwayat penyakit kronis lainnya., seperti Gagal Ginjal, Penyakit Jantung, Asma. Disinilah letak dan peran pers untuk menyajikan narasi yang objektif.

Menonjolkan sepihak kekuatan corona, bakal meluluhlantakkan benteng logika masyarakat awam.

Banyak tabir yang patut ditelusuri dan segera dibuka untuk menjawab penyakit skologis yang kian merambah dan nyaris membunuh peradaban kemanusiaan. Kembalikan fitrah manusia kepada titahnya sebagai mahluk sosial.

Untuk menjawab tabir ghaib ini, dibutuhkan kerja dan pemikiran ekstra dari tim medis, terutama perpaduan ahli virus dan dokter ahli. Siapa tahu, dengan upaya OTOPSI Jenazah C 19 bisa menemukan jawaban yang terkandung di dalamnya.

Mengapa? Karena masyarakat awam butuh kepastian. Tentang sejahat apakah si Corona hingga hubungan sosial ratusan tahun dan bahkan ribuan tahun terjalin rapih, kini tercabik cabik oleh monster tak bertuan ini. (**)

 

Show More

Azwar EKO

Penulis Nomor Register Kompetensi Dewan Pers: 3015-PWI/WU/DP/VI/2012/18/10/79 (Wartawan Utama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close