MOROTAI

Kunjungi Korban Gempa, Warga Morotai Beruntung Punya Benny Laos

MOROTAI, Koridor Malut – Tak butuh waktu lama bagi Bupati Morotai, Benny Laos, untuk mengatasi dampak gempa yang terjadi 4 Juni 2020 lalu. Buktinya setelah kejadian, bupati bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) langsung menyambangi sejumlah desa untuk memeriksa kerusakan akibat gempa. Tak hanya sekadar datang, bupati juga memberikan jaminan perbaikan rumah warga yang rusak, dengan opsi apakah dilaksanakan oleh warga sendiri atau dikerjakan oleh instansi teknis terkait.

Di Desa Yao misalnya, desa dengan kerusakan rumah terbanyak yaitu 37 unit dan satu rumah ibadah itu, bupati mendatangi dan berdiskusi dengan warga terdampak dan langsung menawarkan bantuan atas nama pemerintah daerah. Tanpa banyak tanya, warga yang mendengar tawaran itu langsung menerimanya.

“Bantuan nanti saya kirim bertahap ya, dua kali, pertama 50 kedua 50. Nanti tolong ambil KTP bapak ini dan catat semua kebutuhan. Dapurnya tolong dibikin ya, kamar mandi juga, nanti saya kasih kloset. Jangan lupa, rumah harus plester,” kata bupati di hadapan warga.

Hal yang sama juga dilakukan bupati di Desa Mira, Kecamatan Morotai Timur. Kepada warga bupati mengingatkan, selain bencana alam, Morotai juga saat ini sedang berperang melawan Covid-19. Pemda Pulau Morotai katanya mengambil tanggung jawab menyelamatkan warga dari bahaya virus corona dengan melakukan karantina bagi siapapun yang datang ke Morotai, serta memberikan bantuan sembako kepada seluruh warga sebagai bekal tetap berdiam di rumah.

“Pemerintah sangat mengharapkan dukungan moril maupun materil serta kerja sama dari setiap lapisan masyarakat agar kita semua segera melewati bencana ini,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, gempa berkekuatan 7.1 SR mengguncang Morotai beberapa hari lalu. Meski tidak ada korban jiwa, namun kerusakan yang ditimbulkan gempa tersebut tersebar di enam kecamatan, dengan total sebanyak 347 unit bangunan mengalami kerusakan. Untuk memuluskan bantuan, pemerintah akan menetapkan status gempa sehingga menjadi rujukan bagi instansi terkait.

“Pemerintah akan membantu rehab atau rekonstruksi bangunan dan bantuan sembako, serta kebutuhan warga terdampak,” kata Kepala Bappeda Pulau Morotai, DR. Abjan Sofyan. (aty)

Show More

Deteksi News

DETEKSI NEWS - Menggelorakan Optimisme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close