MOROTAI

Satpol PP Morotai Tertibkan Sejumlah Bangunan

PULAU MOROTAI, Koridor Malut – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pulau Morotai, terpaksa menghentikan sementara beberapa tempat usaha yang sementara dibangun, karena tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Padahal untuk pengurusan izin yang disediakan pemerintah daerah, prosesnya sangat mudah dan tidak memakan waktu lama.

Kabid trantip Satpol PP Morotai, Luther Djaguna, SH, MH, ketika dikonfirmasi menjelaskan, Satpol PP memiliki kewenangan menindak warga maupun badan hukum yang melanggar aturan baik perda maupun perkada. Kewenangan Satpol PP tersebut harus juga dipahami masyarakat, agar saat dilakukan penertiban, tidak terjadi prokontra.

“Pemerintah sangat terbuka bagi siapapun yang ingin berusaha dan membangun tempat usaha di Morotai. Namun harus melalui prosedur, salah satunya mengurus izin membangun dan izin usaha. Kalau izinnya sudah ada, silahkan dilanjutkan pembangunannya,” katanya.

Hal yang sama juga diakui Camat Morotai Selatan, Darmin Djaguna. Menurutnya, beberapa bangunan usaha yang dihentikan pekerjaannya karena tidak memiliki izin. Penghentian ini bukan bentuk larangan berusaha di Morotai, tapi lebih pada kepatuhan warga terhadap aturan yang sudah dijalankan selama ini.

“Kalaun sudah ada IMB, maka bangunannya harus parmanen, bukan lagi dinding papan atau semi parmanen, tapi harus beton. Sehingga wajah kota ini juga terlihat bagus,” katanya. (aty)

Show More

Deteksi News

DETEKSI NEWS - Menggelorakan Optimisme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close