HALMAHERA

Jembatan Rusak Parah Dikeluhkan Masyarakat Tawabi

HALSEL, Monitor Malut- Masyarakat Desa Tawabi, Kecamatan Bacan Barat, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara. Mengeluhkan rusaknya infrastruktur jalan di pantai itu, karena sangat menghambat kelancaran mobilitas masyarakat setempat.

Infrastruktur jalan berupa, jembatan kayu yang dibangun di atas laut itu, kini kondisinya rusak berat. Bahkan sudah ada beberapa warga yang terjatuh kelaut. Karena saat berjalan di tiba – tiba kayu yang menjadi bahan jalan itu ambruk.

Salah seorang warga Tawabi, Kader Muale mengharapkan, Pemerintah Kabupaten Halsel segera turun ke Desa Tawabi untuk melihat kondisi jalan di Desa Tawabi untuk selanjutnya memprogramkan pembangunannya melalui Dana APBD.

Kalau tidak memungkinkan menggunakan dana APBD, Pemkab segera menginstruksikan Kepala Desa, Rais Conoroas memanfaatkan dana desa untuk memperbaiki infrastruktur jalan itu. Karena kalau usulannya dari warga setempat sepertinya kurang mendapat perhatian.

Sementara itu, kalangan Akademisi dari Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU), Mahmud Hasan menyoroti kinerja Kepala Desa Tawabi, Rais Conoras. Karena dinilai selama menjawab sebagai Kepala Desa tidak ada perhatian serius dari pemerintah desa di lingkungan RT/RW 01/01 Desa Tawabi.

“Sesalkan terhadap Kepala Desa Tawabi, kenapa di lingkungan RT 02 pembangunan infrastrukturnya sudah maju, sementara untuk di lingkungan RT 01 Sendiri tidak ada perhatian, bahkan sudah beberapa warga yang jatuh ke laut akibat dari kelalaian pemerintah desa terhadap pembangunan infrastruktur jalan, berupa jembatan yang menjadi mobilisasi masyarakat di desa itu”ujarnya.

Mahmud menjelaskan bahwa, diketahui anggaran dana desa yang diberikan pemerintah pusat ke desa yang nilainya ratusan juta, bahkan miliaran rupiah untuk pembangunan desa, tapi anggaran itu dikemanakan, sehingga pembangunan infrastruktur jalan atau jembatan di desa tidak bisa bangun kembali.

“Saya meminta Pemerintah Desa Tawabi, kalau nanti dibangun infrastruktur jalan berupa jembatan itu, tidak lagi menggunakan dari bahan kayu, tetapi pakai bahan seperti besi, semen. Sehingga kualitasnya bisa terjamin,”tegasnya. (Red)

Show More

Deteksi News

DETEKSI NEWS - Menggelorakan Optimisme

5 Comments

  1. Attractive section of content. I just stumbled upon your blog and in accession capital to
    assert that I acquire actually enjoyed account
    your blog posts. Any way I’ll be subscribing to your augment
    and even I achievement you access consistently fast.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close