PEMILUKADA 2020

Pilwako Ternate, Pasangan Independen Kekurangan 10.694 Surat Dukungan

Kantor KPU Ternate

TERNATE, Koridor Malut – Upaya pasangan Dr. Muhdi Ibrahim – Gazali Westplat untuk maju bertarung di pemilihan walikota (Pilwako) Ternate, menemui jalan buntu. Pasalnya, pasangan yang maju dari jalur perseorangan atau independen ini masih harus memasukkan 10.694 surat dukungan ke KPU Kota Ternate. Batas waktu pemasukkan surat dukungan tambahan ini pun hanya diberi waktu sampai tanggal 27 Juli 2020, dengan waktu pemasukan dimulai tanggal 25 Juli 2020.

Hal ini mencuat pada rapat pleno KPU Ternate tentang rekapitulasi dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ternate tahun 2020, yang digelar di lantai dua Waterboom, Kelurahan Kayumerah, Senin (20/7). Dalam pleno tersebut, surat dukungan pasangan Muhdi-Gazali yang memenuhi syarat setelah verifikasi faktual hanya 7.120. Dengan demikian, pasangan ini masih kekurangan 5.347 surat dukungan dari persyaratan minimal 12.000 dan maksimal 17.000.

Sementara sesuai PKPU, kekurangan surat dukungan calon independen sampai dengan verifikasi faktual, akan dikali dua dan hasilnya harus dipenuhi pasangan tersebut hingga waktu yang ditentukan. Sehingga kekurangan surat dukungan calon independen ini menjadi 10.694.

Sementara itu, Ketua tim IT paslon Muhdi-Gazali, Gunawan menyampaikan kesanggupan pasangan ini untuk memenuhi jumlah kekurangan tersebut sebagai langkah perbaikan, agar Muhdi-Gazali tetap bisa mengikuti ajang lima tahunan ini.

Hal yang sama juga disampaikan bakal calon walikota, DR. Muhdi Ibrahim. Menurutnya, dari data tim IT, surat dukungan off-line tambahan yang sudah ada sebanyak 6000 dan belum diupload. Sehingga untuk saat ini, yang dibutuhkan tambahan sekitar 4.694 dukungan.

“Masa perbaikan ini akan kami gunakan sebaik-baiknya, dan itu tidak terlalu sulit buat kami. Kami tetap optimis bisa lolos sebagai pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Ternate dari jalur perseorangan atau independen,” tuntasnya. (aha)

Show More

Deteksi News

DETEKSI NEWS - Menggelorakan Optimisme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close