KOTA TERNATE

DPRD Ternate Dorong Hak Angket Galian C

TERNATE, DETEKSINEWS.com – Polemik galian C yang tidak pernah dituntaskan Pemkot Ternate berbuntut panjang. DPRD Kota Ternate kini mulai menggulirkan hak angket karena menganggap pemkot lalai menyelesaikan masalah tersebut. Dan kini, rencana hak angket sudah disampaikan ke semua fraksi untuk meminta keputusan apakah mendukung atau tidak.

Ketua DPRD Kota Ternate, Muhajirin Bailusy mengatakan, persoalan galian C harus segera dituntaskan. Sebab DPRD sendiri sudah dua kali meminta pemkot agar mengehentikan sementara kegiatan galian C sambil mengkaji izin usaha penambangan dari pengelola galian C. Sayangnya permintaan DPRD tersebut tidak pernah ditanggapi.

“Maka dari itu, dalam rapat Banmus sudah disepakati untuk menggunakan hak angket terkait dengan penghentian sementara galian C,” kata Muhadjirin.

Dukungan yang sama disampaikan angota fraksi PPP, Mubin A. Wahid. Menurutnya, hak angket harus dilakukan sebagai bentuk tugas DPRD mengawasi kinerja pemerintah dalam rangka melaksanakan aturan perundang-undangan.

“DPRD sudah memberikan ikhtiar yang sungguh-sungguh. Apa yang dilakukan pemerintah kota sepanjang tidak bertentangan dengan undang-undang, maka sah-sah saja dan tidak ada masalah,” ungkapanya.

Sementara Ketua Fraksi Demokrat, Junaidi Bahrudin mengatakan, rekomendasi DPRD sampai sekarang tidak dilaksanakan Pemkot Ternate. Penggunaan hak angket katanya sudah diatur dalam tata tertib DPRD Kota Ternate. Jika permasalahan yang terjadi bertentangan dengan perundang-undangan, maka instrumennya adalah hak angket.

“Maksimal didukung lebih dari 5 orang anggota atau lebih dari 1 fraksi, maka hak angket bisa digunakan,” katanya.

Dalam rekomendasi hak angket, sudah ada lima fraksi yang mendukung, yakni fraksi PKB, Perindo-Berkarya, PDIP, dan PPP. Sementara Fraksi Adil Makmur dan Demokrat masih mendiskusikannya dengan anggota lainya, apakah menyetujui hak angket atau menolak. Disisi lain, Fraksi Golkar melalui Ketua Fraksi Anas U. Malik menolak hak angket tersebut. (red)

Show More

Deteksi News

DETEKSI NEWS - Menggelorakan Optimisme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close