KOTA TERNATE

Hak Angket Mengintai, Walikota Bakal tak Happy Ending

TERNATE, DETEKSINEWS.com – Keinginan Walikota Ternate, Burhan Abdurrahman untuk mengakhir masa jabatannya dengan suasana yang baik, nampaknya bakal menemui jalan terjal. Pasalnya, hak angket galian C yang digulirkan DPRD Kota Ternate terus berjalan dan sudah mendapat dukungan dari sebagian besar fraksi di DPRD Kota Ternate, kecuali Fraksi Golkar.

Sekertaris fraksi Nasdem Rusdy A. Im mengatakan, hak angket galiac C sudah memenuhi syarat, karena kegiatannya tidak memiliki izin sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga ada pelanggaran hukum yang dilakukan Pemkot Ternate.

“NasdemĀ  mendukung seratus persen hak angket galian C,” ka Rusdy, Senin (07/09).

Menurutnya, sebelum hak angket digulirkan, fraksi dan komisi sudah menyampaikan ke pimpinan DPRD terkait polemik galian C. Oleh pimpinan, kemudian memberikan rekomendasi penghentian sementara kegiatan galian C ke Pemkot Ternate. Sayangnya pemkot tidak merespon rekomendasi DPRD tersebut.

“Sebagai minta pemerintah, DPRD memiliki fungsi pengawasan atas kinerja pemerintah. Dan DPRD tidak mau pemkot berlarut-larut terjerumus dalam pelanggaran Undang-undang, sehingga perlu diambil langkah sesuai Undang-Undang, yakni menggukan hak angket DPRD,” jelasnya.

Rusdy menambahkan, sesuai 4 tahun 2009 yang sudah diperbarui menjadi Undang-Undang moror 3 tahun 2020, tentang mineral dan batu bara, sudah menjelaskan adanya kewajiban pemegang usaha pertambangan termasuk galian C, untuk mengurus perizinan. Meskipun dalam aturan itu ditegaskan bahwa perizinan sudah diambil alih oleh pemerintah pusat, namun ada klausul yang bisa mendelegasikannya ke pemda untuk memberikan izin.

“Permasalahan galian batuan di Kota Ternate itu sudah cukup lama, dan suda menguras cadangan yang cukup besar. Dampaknya pun sangat luar biasa terhadap masyarakat Kota Ternate baik secara sosial maupun lingkungan. Ini nyang harusnya dipahami oleh pemerintah kota. (red)

Show More

Deteksi News

DETEKSI NEWS - Menggelorakan Optimisme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close