KOTA TERNATE

Bahas APBD-P, SKPD Dianggap tak Siap

TERNATE, DETEKSINEWS.com – Manajemen pemerintahan di Pemkot Ternate mulai amburadul. Lihat saja pembahasan APBD perubahan tahun 2020, sejumlah SKPD dianggap belum siap melakukan pembahasan. Bahkan ada SKPD yang tidak dilibatkan dalam pembahasan program di tingkat Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

Hal ini diakui Wakil Ketua Komis II DPRD kota Ternate, Zainul Rahman. Menurutnya, DPRD sudah melakukan rapat dengar pendapat (RDP) dengan beberapa SKPD yang menjadi mitra lintas komisi. Dan hasilnya beberapa SKPD nampak kebingungan ketika disodori dengan program-program yang diusulkan.

“Ada kesan SKPD tidak siap. Saat kami tanyakan tentang program dalam KUA-PPAS, mereka tidak bisa menjelaskan. Anehnya, ada SKPD yang mengaku tidak pernah dilibatkan dalam penyusunan KUA-PPAS, contohnya Satpol PP yang menjadi mitra Komisi I,” kata Zainul.

Politisi Partai Demokrat dapil Pulau Ternate ini menambahkan, seharusnya SKPD dilibatkan dalam pembahasan KUA-PPAS di pemkot, supaya pimpinan SKPD juga paham mana program dan kegiatan yang sudah dialihkan, dan mana program yang masih berjalan. Demikian pula jika ada tambahan kegiatan yang diusulkan, SKPD bisa mengerti, terutama untuk penanganan covid-19.

“Termasuk kegiatan-kegiatan dalam rangka pengamanan dan menjelang pilkada ataupun Natal dan tahun baru, SKPD terkait harus dilibatkan untuk pembahasan program untuk menjamin ketentraman dan ketertiban umum. Yang terjadi sekarang justru terbalik, rata-rata SKPD tidak paham dengan isi KUA-PASS yang sudah diajukan ke DPRD, karena memang tidak dilibatkan,” ujarnya. (red)

Show More

Deteksi News

DETEKSI NEWS - Menggelorakan Optimisme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close