KOTA TERNATE

Komisi I Belajar Uji KIR di Manado

TERNATE, DETEKSINEWS.com – Meski peraturan uji kendaraan bermotor atau uji KIR sudah tertuang dalam Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) khususnya Pasal 53 ayat 1, namun komisi I DPRD Kota Ternate rupanya masih butuh belajar lagi untuk memahami penerapannya. Olehnya itu, seluruh anggota komisi yang membidangi masalah hukum dan pemerintahan itu sudah berangkat ke Manado, Sulawesi Utara, Senin (14/09).

Ketua Komisi I DPRD Kota Ternate, Mohtar Bian menjelaskan, kunjungan kerja ke Manado ini untuk mengetahui sistem kerja maupun kondisi lapangan terkait dengan Uji Kir dan pelaksanaan tunjangan RT/RW di Manado. Sebab selama ini, di Kota Ternate sudah tidak ada lagi uji kir karena terkendala alat dan lokasi.

“Uji kir itu tempatnya harus khusus dan membutuhkan gedung yang cukup besar. Sehingga dalam kunjungan kami ke Manado, kami ingin mengetahui sistem pelaksanaannya sehingga bisa diterapkan di Kota Ternate,” katanya.

Sementara untuk tunjangan RT/RW lanjut Mohtar, nilai tunjangan di Kota Ternate masih sangat kecil dibanding dengan kota-kota lain. Padahal jika dilihat dari sisi tanggung jawab dan tugas-tugas di lapangan, jabatan ketua RT dan RW sudah harus diberi tunjangan yang layak.

“Yang ada sekarang ini, insentif mereka hanya 300.000 perbulan. Itupun dibayar per triwulan atau hanya empat kali dalam setahun. Selain itu, di kota-kota lain jabatan RW sudah diubah menjadi lingkungan, sehingga berpengaruh pada pendapatan. Misalnya RW diubah menjadi lingkungan 1 dan seterusnya,” paparnya. (red)

Show More

Deteksi News

DETEKSI NEWS - Menggelorakan Optimisme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close